-->

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi 

 

Wisata Sejarah di Probolinggo. Probolinggo merupakan daerah di Jawa Timur. Kita dapat berkunjung ke Probolinggo menggunakan transportasi darat seperti mobil, bis dan sepeda motor. Probolinggo memiliki pesona wisata alam yang mempesona seperti; pantai, air terjun, gunung, sejarah dan budaya. 

Probolinggo terletak dibawah kaki gunung Semeru sehingga  menjadi akses bagi wisatawan yang akan menikmati keindahan gunung semeru. Selain wisata alam yang mempesona, Probolinggo juga memiliki wisata sejarah yang dapat kita kunjungi untuk berwisata sekaligus belajar sejarah. 

Wisata Sejarah di Probolinggo akan menambah wawasan kita tentang sejarah masa lalu Indonesia yang ada di Probolinggo. Dibawah ini merupakan wisata yang menarik kita kunjungi di hari liburan atau akhir pekan;

1. Candi Kedaton, Probolinggo

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi
Candi Kedaton, Probolinggo (Agus Santoso)

Candi Kedaton terletak di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo

Candi di Kedaton ini diketahui berasal dari masa akhir Majapahit abad ke-14 Bercorak Hindu serta Bangunan Candi berbahan Batu Andesit. Pada Candi Kedaton terdapat cerita relief masa lalu, yaitu kisah Arjunawiwaha di sisi Barat, kisah Garudeya di sisi Selatan, dan kisah Bhomantaka di sisi timur.

Semua kisah tersebut terkait dengan kehidupan pertapaan atau karesian serta pada tangga Candi Kedaton terdapat Tulisan Angka sekitar Tahun 1292 Saka (1370 Masehi).

Baca Juga: 15 Pantai Mempesona di Blitar yang Wajib Dikunjungi



2. Candi Jabung, Probolinggo

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi
Candi Jabung, Probolinggo (Irsam Soetarto)

Candi Jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo

Candi Jabung adalah salah satu candi hindu peninggalan kerajaan Majapahit dan terbuat dari batu bata merah. Arsitektur Candi Jabung sangat menarik, terdiri atas bagian batur, kaki, tubuh dan atap, pada bagian tubuh bentuknya bulat (silinder segi delapan ) berdiri di atas bagian kaki candi yang betingkat tiga berbentuk persegi. 

Sedangkan pada bagian atapnya dagoda (stupa) tetapi pada bagian puncak sudah runtuh dan atapnya berhias motif sulur-suluran. Di dalam bilik candi terdapat lapik arca, berdasarkan inskripsi pada gawang pintu masuk candi Jabung didirikan tahun 1276 saka (1354 Masehi) pada masa awal pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Dalam Kitab Negarakertagama menyebutkan bahwa Candi Jabung menjadi salah satu persinggahan Raja Hayam Wuruk saat melakukan perjalanan ke timurpada tahun 1359 Masehi. Rute Pajarakan–Jabung–Bremi–Tiris sampai Lumajang merupakan rute utama zaman klasik di wilayah yang kini disebut Probolinggo.

Baca Juga: 6 Wisata Sejarah di Malang & Batu yang Wajib Dikunjungi



3. Museum Probolinggo 

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi
Museum Probolinggo, Kota Probolinggo (Putra Dewa Dewa)
Museum Probolinggo terletak di Jalan Suroyo No 7 Kota Probolinggo 

Museum Probolinggo merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang dapat dapat dikunjungi kita untuk belajar sejarah. Museum Probolinggo menyimpan 
peninggalan sejarah masa lalu probolinggo seperti; Artefak, Uang Kertas Probolinggo, Replika Patung, Peninggalan benda-benda pusaka serta foto-foto Probolinggo Masa Lalu. 

Baca Juga: 5+ Wisata Sejarah di Sidoarjo yang Menambah Wawasan



4. Museum Dr. Mohamad Saleh 

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi
Museum Dr. Mohamad Saleh, Kota Probolinggo (Wibowo Soemadji)
Museum Dr. Mohamad Saleh terletak di Jalan Dr. Moh. Saleh No. 1 Kota Probolinggo

Museum Dr. Mohamad Saleh merupakan rumah dokter pribumi pertama di Probolinggo. Museum ini menyimpan koleksi sejarah kesehatan seperti; peralatan kesehatan dan pengobatan yang sering digunakan pada masa lalu. 

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Tulungagung yang Mengagumkan 



5. Benteng Mayangan Probolinggo

5 Wisata Sejarah di Probolinggo Yang Menarik Dikunjungi
Benteng Mayangan, Probolinggo

Benteng Mayangan Probolinggo merupakan bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda yang berfungsi sebagai menara untuk memandang ke seluruh kota Probolinggo. Terdapat Cafe di Benteng setelah kita berkeliling di dalam Benteng. 


Baca Juga: Wisata Sejarah di Pasuruan yang Menarik Dikunjungi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel