-->

10 Tempat Wisata di Malang Terbaik yang Wajib kamu datangi

10 Tempat Wisata di Malang Terbaik yang Wajib kamu datangi

Tempat Wisata di Malang. Kita patut berbangga sebagai penduduk Indonesia, sebuah negara yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang beragam. Pesona Alam yang mempesona serta kuliner yang nikmat membuatnya dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah dan wisatawan luar negeri. Tempat Wisata menjadi salah satu cara untuk mempopulerkan sebuah daerah dikarenakan dengan terdapatnya tempat wisata yang menarik makan daerah tersebut akan dikunjungi oleh wisatawan.

Kunjungan wisatawan dari berbagai daerah ke tempat wisata untuk mengisi waktu liburan dapat meningkatkan pemasukan serta perekonomian masyarakat di dekat tempat wisata tersebut, selain itu tempat wisata di suatu daerah dapat meningkatkan pendapatan asli daerah tersebut. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan tempat wisatanya yaitu; Malang. Tempat Wisata di Malang  terkenal dan banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari beberapa daerah setiap akhir pekan dan saat musim liburan.

Malang merupakan sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur yang dapat diakses menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi. Kamu yang ingin datang ke Malang menggunakan transportasi udara dapat menggunakan  transportasi pesawat terbang yang turun di Bandara Udara Malang, sedangkan bagi kamu yang menggunakan transportasi darat dapat menggunakan kendaran, seperti; mobil, bus, motor.  

Ketika kamu berwisata ke Malang kamu dapat menjumpai suasana alam yang indah seperti; pegunungan, air terjun, perkebunan yang akan menyejukkan mata. Jadi bagi kamu yang belum pernah ke Malang ? atur waktu libur dan menabung biaya lalu persiapkan dirimu untuk berkunjung ke Malang dan mencari referensi tentang tempat wisata di Malang yang menarik dikunjungi. 

10 Tempat Wisata di Malang Terbaik yang Wajib Kamu Coba Datangi


1. Kebun Teh Wonosari 
Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari, Malang (Doc: Pinterest/Rani Masida)

Malang merupakan daerah yang memiliki suasana yang sejuk dan asri dikarenakan berada di kawasan pegunungan sehingga memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. Kawasan Pegunungan di Malang sangat cocok untuk menanam berbagai tanaman dan tumbuhan diantaranya; teh. Ketika berkunjung ke Tempat Wisata di Malang sempatkan untuk mengunjungi Kebun Teh Wonosari yang di Lereng Gunung Arjuno, Toyomarto, Singosari, Malang.

Perkebunan yang berada di ketinggian 1250 diatas permukaan air laut ini menawarkan suasana perkebunan teh dengan nuansa pedesaan yang hijau serta sejuk. Kebun Teh Wonosari merupakan Perkebunan Teh yang dikelola oleh PTPN 12. Kamu yang ingin melihat proses pengolahan daun teh menjadi teh yang siap yang siap diseduh dapat melihatnya di Kebun Teh Wonoasri, sehingga dapat dikatakan berwisata sambil belajar. 

2. Kampung Warna-Warni Jodipan
Kampung Warna Warni Jodipan
Kampung Warna-Warni, Malang (Doc: flickr/Hidayah Amir)

Kampung Jodipan, sebuah kampung yang dapat dikatakan menjadi ikon wisata tentang sebuah kesederhanaan menjadi hal yang luar biasa. Siapa yang menyangka kampung yang dahulunya bukan apa-apa, namun berkat kreativitas beberapa mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang menjadi sebuah kampung wisata yang menawarkan konsep keindahan warna yang luar biasa. Kamu yang berkunjung ke Kampung Jodipan akan melihat berbagai kreativitas yang menawan dari warga kampung Jodipan seperti; keindahan rumah yang diwarna dengan berbagai macam corak yang menawan.

Kamu dapat melihat aktivitas kehidupan di kampung Jodipan serta melihat Jembatan Brantas, Balai Payung, Lukisan 3D dan Jembatan Kaca yang ada di Kampung Warna-Warni Jodipan. Sebelum masuk kampung warna-warni,,kamu akan membayar tiket masuk ke Kampung Warna-Warni Jodipan yang akan digunakan untuk mengelola Kampung Warna-Wani Jodipan. Ketika kamu berada di kampung Warna-Warni Jodipan jangan lupa untuk berfoto di Spot Foto yang berada di Kampung Warna-Warni Jodipan. Letak Kampung Warna-Warni Jodipan tidak begitu jauh dari Stasiun Malang Kota Baru sehingga ketika berada di Malang, Kampung Warna-Warni Jodipan menjadi Tempat Wisata di Malang yang tak boleh untuk dilewatkan untuk dikunjungi.


3. Teluk Bidadari 
Teluk Bidadari
Teluk Bidadari, Malang (Doc: Pinterest/Atri zas)

Sebagian dari kamu pasti bertanya, sebagus apa sih Teluk yang bernama Teluk Bidadari ? Sebuah nama yang identik dengan kecantikan dan keindahan. Untuk lebih jelasnya dan melihat keindahan Teluk Bidadari, kita dapat mengunjungi Teluk Bidadari. Letak Teluk Bidadari berada di kawasan Pantai Mbehi yang juga memiliki keindahan pantai yang mempesona, sehingga ketika berkunjung ke Teluk Bidadari kamu akan mendapatkan keindahan pantai dan teluk yang memanjakan mata.

Keberadaan karang dengan lubang yang berisi air di tengahnya sehingga membentuk kolam alami menawarkan pesona keindahan bagi siapapun yang mengunjungi. Kamu dapat berfoto selfi di area kolam alami dengan latar belakang karang dan laut yang mempesona bersama keluarga ataupun orang yang kamu sayangi. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Teluk Bidadari, dapat langsung menuju rute pantai Kondang Merak yang akan melewati beberapa darerah seperti; Gadang, Bululawang, Gondanglagi dan Batur. Ketika kamu mengalami kebingungan dapat bertanya pada masyarakat sekitar tentang rute pantai Mbehi dan Teluk Bidadari sehingga tidak tersesat. Teluk Bidadari menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang menawarkan keindahan alam yang tepat untuk mengisi waktu libur kamu.

4. Budug Asu 
Budug Asu
Budug Asu, Malang (Doc: Pinterest/Saba S.)

Bagi kamu yang suka berlibur dengan suasana pemandangan pegunungan yang asri dan hijau hutan pinus maka berwisata ke Budug Asu menjadi pilihan yang cukup tepat. Tempat Wisata Budug Asu yang berada di lereng gunung Arjuna, menawarkan pemandangan alam yang memukau serta udara yang sejuk sehingga dapat membuat kita merasakan kebebasan diri dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Pengunjung yang berkunjung ke Tempat wisata Budug Asu dapat berfoto selfie ataupun berfoto bersama keluarga serta orang yang kita cintai dikarenakan terdapat spot foto yang indah dan mempesona di Budug Asu.

Apabila kamu ingin berwisata ke Budug Asu, dapat melakukan perjalanan dari pusat kota malang menuju Lawang, sesampai di dekat stasiun lawang kamu dapat mengarahkan kendaraan ke arah barat mengikuti petunjuk arah jalan menuju perkebunan Teh Wonosari. Sesampainya di perkebunan Teh Wonosari dapat bertanya tentang rute ke Budug Asu serta menitipkan kendaraan di kawasan ini untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju Tempat Wisata Budug Asu. Perjalanan kamu akan terbayarkan ketika sampai Budug Asu dan melihat memandangan yang menawan di Budug Asu.

5. Candi Singasari 
Candi Singasari
Candi Singasari, Malang (Pinterest/erfien)

Berwisata dan belajar sejarah adalah sesuatu yang dapat kamu lakukan ketika berada di Malang. Tempat Wisata di Malang tidak hanya meliputi wisata alam namun juga wisata sejarah, Candi Singasari merupakan bangunan bersejarah yang dapat kamu kunjungi untuk berwisata dan belajar sejarah bangsa. Candi Singasari merupakan Candi yang dibangun pada masa kerajaan Singasari sebagai tempat pendharmaan Raja Singasari, Raja Kertanegara yang berada di desa candi renggo, kecamatan singasari kabupaten Malang. Ketika berkunjung ke candi ini kamu akan melihat kebesaran kerajaan Singasari pada masa lampau yang mampu membangun candi dengan indah pada masa itu. 

Berkunjung ke Candi Singasari dapat dilakukan sendiri maupun bersama orang yang kamu sayangi, Keindahan Candi Singasari yang bangunan bercorak Hindu-Budha dapat juga menjadi spot foto menarik karena struktur bangunan candi yang sangat indah dan relief menawan.

6. Coban Tundo
Cuban Tundo
Cuban Tundo, Malang (Doc: Facebook/D-ONE Tour Travel & Rent car Service)

Malang tak hentinya membuat kita terpukau untuk berkunjung, Tempat Wisata Coban Tundo menjadi tempat wisata selanjutnya yang wajib kunjungi karena memiliki pesona alam yang luar biasa. Air Terjun Coban Tundo menawarkan keindahan yang mempesona dikarenakan pemandangannya yang luar biasa, ketika kamu berkunjung ke Coban Tundo kamu akan melihat indahnya air yang turun dari atas menuju ke bawah ditambah dengan keberadaan tebing di kanan kirinya serta tumbuhan yang tumbuh berambat di dinding tebing. Gemericik air yang turun dari atas menuju ke bawah akan membuat kamu sesaat melupakan beban pekerjaan dan rutinitas yang kamu pikirkan.

Cuban Tundo menawarkan 3 air terjun dan kolam air yang akan membuatmu terpesona dengan keindahannya. Pengunjung dapat berendam di kolam air yang berada di bawah air terjun, namun tetap hati-hati karena kamu akan berada di bawah aliran air yang mengalir dari atas bukit. Apabila kamu tidak bisa berenang dan tidak ingin berendam di kolam air kamu dapat berfoto di pinggir kolam dengan latar belakang air terjun yang menawan. Berkunjung serta Berfoto di Coban Tundo bersama orang yang kamu cintai akan terkesan spesial !

Baca Juga : 


Untuk kamu yang akan berkunjung ke Air Terjun Cuban Tundo dari pusat kota malang dapat melanjutkan perjalanan menuju Desa Sidoasri Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Apabila merasa kesulitan ketika di perjalanan menuju air terjun Cuban Tundo, kamu dapat bertanya ke masyarakat sekitar.

7. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang, Malang (Doc: flickr/Heru Rishardana)

Para petualang dan pecinta pantai di Jawa Timur pasti tak asing dengan pantai yang satu ini. Pantai Balekambang dapat dikatakan merupakan ikon wisata pantai di Jawa Timur khususnya Malang. Pantai Balekambang menjadi salah satu tempat wisata di Malang yang tidak pernah sepi oleh wisatawan dikarenakan keindahannya. Pantai Balekambang menawarkan keindahan yang mempesona ditambah dengan keberadaan sebuah pura yang berdiri indah di atas sebuah karang yang memiliki kemiripan dengan pura di tanah lot yang ada di Bali.

Bangunan Pura yang bernama Pura Amerta Jati merupakan tempat ibadah yang didirikan untuk ibadah bagi umat Hindu. Pada perayaan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Jawa, Pura di Pantai Balekambang akan dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah. Pengunjung yang datang ke Pantai Balekambang juga dapat melihat keindahan matahari terbenam, ditambah dengan keberadaan terumbu karang sebagai tempat habitat ikan bercorak warna-warni menambah keindahan Pantai Balekambang untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang yang kamu cintai.

Berkunjung ke Pantai Balekambang dapat melalui dua jalur yaitu; Jalur Gadang dan Jalur Kendalpayak. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke Desa Gondanglegi, Pagelaran, Batur hingga akhirnya sampai di Srigonco. Dari Srigonco kamu akan melihat keindahan Pantai Balekambang yang mempesona dan membuat kamu penasaran untuk sampai di tepi pantai dan menikmati keindahan Pantai Balekambang sebagai salah satu tempat wisata di Malang yang menawan.


8. Pantai Tiga Warna 
Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna, Malang (Doc: Facebook/Indahnya Wisata Indonesia)

Wisatawan yang berkunjung malang tak lengkap rasanya apabila tidak berkunjung ke Pantai Tiga Warna yang berada desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Tiga Warna dapat dikatakan sebagai pantai yang memiliki pesona dan keunikan bagi siapapun yang berkunjung ke pantai ini. Keunikan di Pantai Tiga Warna yang sulit ditemui di pantai lain yaitu; Gradasi warna air lautnya yang memiliki tiga kombinasi warna yaitu; berwarna Putih, berwarna Biru Muda dan berwarna Biru Pekat. 

Pantai Tiga Warna merupakan bagian dari kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC). Hal ini yang membuat Pantai Tiga Warna merupakan Tempat Wisata di Malang yang menjadi bagian dari kawasan konservasi di Malang selatan yang mengutamakan prinsip keseimbangan ekosistem dalam pengelolaannya. Pengunjung yang datang ke Pantai Tiga Warna diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarang di kawasan pantai sehingga ketika memasuki pantai tiga warna maka barang bawaan pengunjung akan diperiksa terutama barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah ketika berada di kawasan pantai tiga warna.


9. Pantai Goa Cina 
Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina, Malang (Doc: flickr/Zulfikar Aleksandri)

Pantai Goa Cina, sebuah pantai yang menawarkan pemandangan pantai yang menawan bagi wisatawan yang mengunjunginya. Kamu yang berkunjung ke Pantai Gua Cina akan melihat deburan ombak yang menawan dari tiga arah yaitu; sisi selatan, barat dan timur bertemu menjadi satu di dekat Pulau yang berada di tengah-tengah Pantai. Ombak yang besar serta arus yang kuat inilah yang membuat Pengunjung dilarang berenang di pantai Gua Cina, terdapat gugusan Pulau di Pantai Gua diantaranya yaitu; Pulau Bantengan, Pulau Gua Cina dan Pulau Nyonya. Pemandangan yang memukau Pantai Goa Cina dari pinggir pantai membuat kamu tak akan beranjak untuk melihat keindahan alam dari Pantai Goa Cina. 

Berlibur ke Pantai Goa Cina bersama keluarga ataupun orang yang kamu cintai menjadi rekomendasi tepat ketika mengunjungi Tempat Wisata di Malang. Tidak jauh dari dari Pantai, kamu dapat menjumpai sebuah Goa yang menawan, konon katanya gua ini merupakan tempat untuk bersemedi seorang pertapa yang berasal dari Cina. Gua yang menjadi tempat bertapa inilah yang akhirnya menjadi sebutan untuk Pantai Gua Cina. 

Bagi kamu yang ingin datang ke Pantai Gua Cina, dari pusat kota malang menuju ke desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai Goa Cina bersebelahan dengan tempat wisata pantai Sendang Biru yang juga menawarkan keindahan alam.

10. Pantai Sendang Biru 
Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru, Malang (flickr/eko yulianto)

Pantai Sendang merupakan tempat wisata di malang yang menawarkan pemandangan alam berupa pantai yang eksotis. Pantai Sendang Biru menjadi tempat wisata di malang yang favorit dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Keindahan deburan ombak laut selatan yang memukau serta gugusan pulau di tengah pantai sendang biru menjadi pemandangan indah bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sendang Biru. Kamu yang berwisata di Pantai Sendang Biru dapat melihat pulau sempu dari kejauhan, Pulau Sempu merupakan kawasan konservasi yang menjadi bagian dari keindahan Pantai Sendang Biru.


Keberadaan Pulau Sempu juga menjadi pemecah ombak yang datang ke Pantai Sendang Biru.  Pantai Sendang Biru menawarkan pemandangan karang bawah laut yang indah serta keberadaan ikan dan biota laut membuat pengunjung dapat melihat keindahannya. Terdapatnya Tempat Pelelangan Ikan di Pantai Sendang Biru membuat kamu yang ingin menikmati hasil tangkapan laut dari Nelayan dapat membeli di Pantai Sendang sebagai oleh-oleh untuk dimasak dirumah. Tentunya dengan harga lebih murah dikarenakan langsung dari tempat pelelangan ikan. Untuk menuju kesana dari kota malang, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi ke Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Ketika kamu mengalami kebingungan menuju pantai sendang, kamu dapat bertanya ke masyarakat sekitar akses menuju tempat wisata sendang biru di malang yang cukup populer.

Diatas merupakan referensi tempat wisata di Malang yang dapat kamu kunjungi. Tempat Wisata di Malang menawarkan keindahan alam yang mempesona serta keunikan bagi wisatawan yang datang berkunjung, sehingga ketika berkunjung ke Malang, wisatawan tidak pernah bosan untuk datang kembali mengunjungi tempat wisata di Malang.

Terdapat keindahan yang ditawarkan ketika mengunjungi tempat wisata di Malang serta fasilitas penunjang yang  cukup baik untuk wisatawan ketika berada di Malang. Ketika akan berkunjung ke Malang, kamu dapat merencanakan tempat wisata di Malang yang akan dikunjungi serta biaya yang diperlukan sehingga kamu dapat berwisata dengan tenang ketika menikmati keindahan serta pesona tempat wisata di Malang. Berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga dan orang yang kamu cintai membuat liburanmu akan berkesan. Akhir kata, bergegaslah dan atur jadwal untuk menikmati liburan di Malang. 



















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel