-->

4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar

4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar 

Kota Blitar merupakan kota yang terletak di Jawa Timur, Kota yang yang memiliki julukan sebagai Kota Proklamator, Kota Patria, Kota Peta. Julukan tersebut diberikan kepada Kota Blitar dikarenakan Kota Blitar menjadi tempat dimana Bung Karno dimakamkan, Kota Blitar juga menjadi tempat dimana terjadi Pemberontakan tentara PETA kepada tentara Jepang pada masa penjajahan. Kota Blitar dapat dikunjungi melalui transportasi darat dengan menggunakan Bis, Kereta Api maupun kendaraan pribadi seperti; Mobil dan Sepeda Motor.
4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar


Kota Blitar memiliki potensi wisata budaya, wisata sejarah yang luar biasa bagi wisatawan yang datang. Berkunjung ke Kota Blitar kita akan melihat kemegahan Kompleks Makam Bung Karno yang dikunjungi oleh banyak peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Komplek Makam Bung Karno terdiri dari Makam Bung Karno, Museum dan Perpustakaan Nasional Proklamator yang menyimpan koleksi buku Bung Karno. 

Wisatawan yang datang ke Kota Blitar juga dapat melihat Komplek Monumen Peta Blitar yang merupakan Monumen pengingat tentang pemberontakan tentara PETA Blitar yang dipimpin oleh Shodanco Soeprijadi. Wisatawan yang datang ke Kota Blitar dapat melihat berbagai event wisata budaya dan sejarah yang berlangsung setiap tahun di Kota Blitar. Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar akan menampilkan potensi kebudayaan yang ada di Kota Blitar. 

Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar menjadi agenda kegiatan wisata yang akan membuat kita mengenal tentang Blitar dan kegiatan ini juga menjadi salah satu penggerak roda perekonomian rakyat. Terdapat beberapa Event Wisata Budaya dan Sejarah di Kota Blitar akan diulas pada tulisan ini yang dapat menjadi referensi bagi kita ketika berkunjung ke Kota Blitar. 

1. Drama Kolosal Pemberontakan PETA
4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar


Peristiwa Pemberontakan tentara Pembela Tanah Air (PETA) menjadi salah satu peristiwa bersejarah di Indonesia. Hal ini dikarenakan Pemberontakan Peta menjadi rangkaian dari upaya bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan dan terlepas dari penjajahan. 

Penindasan yang dilakukan oleh tentara Jepang terdapat rakyat menjadi titik awal bagi munculnya keinginan tentara PETA yang dipimpin oleh Shodanco Soeprijadi untuk melakukan pemberontakan. 

Perlawanan tentara PETA yang dimimpin oleh Shodanco Soperijadi meskipun akhirnya memperoleh kekalahan menjadi tonggak perlawanan bagi tentara PETA dan pejuang di daerah lain untuk tetap konsisten melakukan perlawanan terhadap tentara Jepang dalam meraih kemerdekaan. 

Wisatawan yang melihat Drama Kolosal Pemberontakan akan disuguhkan perpaduan tarian dan Drama Kolosal yang akan membuat pengunjung terpesona dan merasakan peristiwa bersejarah dalam memperoleh kemerdekaan Indonesia.

2. Blitar Djadoel 
4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar


Hari Jadi Kota Blitar yang dirayakan setiap bulan april menjadi momen menarik lainnya. Pada perayaan Hari Jadi Kota Blitar di Kota Blitar akan penuh dengan nuansa masa lalu. Hal ini dikarenakan setiap Hari Jadi Kota Blitar, seluruh warga kota Blitar dianjurkan menggunakan Baju Tempoe Doeloe. 

Bagi Instansi Pemerintah dan Sekolahan, seluruh pegawai dan siswa sekolah akan memakai Baju Tempoe Doeloe. Kota Blitar juga menyelenggarakan kegiatan Pawai Budaya dan Bazaar Blitar Djadoel di Aloon-Aloon Kota Blitar. 

Wisatawan yang berkunjung di Bazaar Blitar Djadoel akan melihat berbagai foto, mainan, kendaraan, kuliner tradisional kota Blitar dan berbagai daerah lain yang diundang pada kegiatan ini. Stand Bazaar Blitar Djadoel dibuat seperti masa lalu yang unik sehingga membuat pengunjung bernostalgia kembali ke masa lalu. 

3. Grebeg Pancasila 
4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar


Peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni diperingati setiap tahun di Kota Blitar. Grebeg Pancasila menjadi agenda wisata budaya Kota Blitar yang dilakukan untuk mengingatkan tentang Pancasila sebagai dasar negara. 

Pada peringati ini akan diarak 5 buah gunungan tumpeng besar yang berisi aneka hasil bumi yang diarak dari aloon-aloon Kota Blitar menuju Makam Bung Karno. 

Gunungan tumpeng menjadi simbol dari 5 Sila dalam Pancasila. Gunungan akan diarak oleh masyarakat Kota Blitar yang diiringi oleh pawai kesenian yang menjadi bentuk dari kebersamaan warga. 

Setelah Gunungan Tumpengan sampai di Makam Bung Karno maka Gunungan Tumpeng yang berisi hasil bumi seperti; sayuran, buah-buahan akan diperebutkan oleh setiap warga ataupun pengunjung yang datang. 

4. Bulan Bung Karno
4 Event Wisata Budaya dan Sejarah Kota Blitar


Peringatan Hari Kelahiran Bung Karno setiap Bulan Juni menjadi momen yang selalu diingat di Kota Blitar. Bulan Bung Karno di Blitar diadakan berbagai kegiatan untuk memperingati hari lahir dan Haul Bung Karno. 

Kota Blitar akan dipenuhi banyak peziarah yang datang ke Kota Blitar untuk berziarah dan berbagai kegiatan tentang Bung Karno seperti terdapat lomba pidato bung karno dan kenduri rakyat.

Diatas merupakan beberapa event wisata budaya dan sejarah Kota Blitar yang dapat menjadi referensi bagi kita ketika berkunjung ke Kota Blitar. Keanekaragaman Wisata dan Budaya di Kota Blitar dapat menjadi pilihan yang menarik bagi kita dalam menentukan tempat untuk berlibur bersama keluarga.  

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Blitar yang Menarik dan Mudah Dikunjungi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel