-->

5 Hal Yang Akan Dijumpai Di Hari Jadi Kota Blitar

5 Hal Yang Dapat Dijumpai Dalam Hari Jadi Kota Blitar 

Ilmumenara-5 Hal Yang Dapat Dijumpai Pada Bulan April di Kota Blitar, Hari Jadi Sebuah Kota merupakan hal yang selalu diperingati oleh Pemerintah Kota dan Masyarakatnya, bertambahnya usia sebuah kota menjadi pertanda bahwa waktu terus berjalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari Jadi dapat menjadi tolak ukur tentang apa yang telah diperbuat oleh pemerintah dan masyarakatnya terhadap kota yang dihuninya. 

Kota Blitar menjadi salah satu kota yang selalu memperingati Hari Jadi Kotanya yang jatuh pada tanggal 1 April. Pada tahun 2018 usia Kota Blitar telah berusia 112 tahun yang merupakan usia yang cukup lama. 

Usia yang bila diibaratkan usia manusia merupakan usia yang telah melebihi kedewasaan dan kematangan. Pemerintah dan Masyarakat Kota Blitar terus bergerak untuk menjalani kehidupan dan kemajuan bagi kota yang berjuluk sebagai Kota Proklamator.

Dibawah ini merupakan ulasan tentang apa yang dapat kita jumpai di Kota Blitar ketika berkunjung pada bulan April, peringatan hari jadi kota Blitar: 

1. Kenduri Rakyat 

Kenduri Rakyat merupakan bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas perlindungan dan penyertaan terhadap kota Blitar. Berdoa bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dengan pemerintah kota Blitar menjadi bentuk kesatuan untuk saling bekerja sama dalam membangun kota Blitar. 


2. Pawai Kebudayaan (Karnaval) 

Pawai Kebudayaan merupakan salah satu event atau kegiatan yang ada di bulan april ketika berkunjung ke kota Blitar, pada tahun ini penyelenggaran Pawai Kebudayaan berlangsung pada tanggal 1 April 2018 yang diikuti oleh masyarakat umum ataupun SKPD dan instansi pemerintah kota blitar dari yang terbawah seperti; kelurahan, kecamatan. 

Pawai Kebudayaan ini diawali di kantor walikota blitar yang berada di pusat kota blitar, tepatnya di selatan aloon-aloon kota blitar. Masyarakat Kota Blitar dan Wisatawan yang berkunjung di Kota Blitar akan melihat hasil bumi ataupun kreasi yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Blitar. 
Hari Jadi Kota Blitar Bulan April
Poster Rangkaian Acara Jadi Kota Blitar

3. Basar Blitar Djadoel 

Pasar Rakyat dan Kegiatan untuk memperkenalkan Usaha Kecil Menengah ( UKM ) Kota Blitar terhadap masyarakat Kota Blitar. Pada penyelenggaraan Blitar Djadoel akan ditampilkan di setiap stan yang disediakan hasil ataupun potensi setiap kelurahan dan kecamatan di Kota Blitar. 

Blitar Djadoel juga menjadi ajang promosi setiap wilayah di Kota Blitar. Blitar Djadoel atau sering disebut Blitar Tempoe Doeloe juga menjadi ajang memperkenalkan instansi pemerintah dan organisasi kerakyatan kepada masyarakat kota Blitar. 

4. Temu Onthel Nasional 

Pertemuan Pecinta Sepeda Onthel menjadi salah satu agenda yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Blitar di bulan april. Para pecinta sepeda onthel akan berkumpul di kota Blitar untuk berkeliling berbagai tempat wisata di Kota Blitar dan saling bertukar informasi dan pikiran tentang sepeda Onthel. 

Pada acara Temu Onthel Nasional ini terkadang banyak kolektor yang menjual berbagai pernak-pernik dan koleksi tentang sepeda onthel. 

5. Ziarah Kebangsaan 

Ziarah menjadi salah satu cara untuk mengingat jasa orang yang sudah meninggal. Pada peringatan Hari Jadi Kota Blitar ini Ziarah ke Makam Bung Karno, Makam Adipati Aryo, Makam Pangeran di Jalan Sultan Agung menjadi salah satu agenda yang dilakukan oleh pemerintah kota Blitar untuk mengingat tokoh penting di Kota Blitar dalam menghormati jasanya bagi perkembangan Kota Blitar. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel