-->

5 Tempat Wisata di Blitar Yang Menarik dan Mudah Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Blitar Yang Menarik dan Mudah Dikunjungi


Wisata di Blitar. Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Timur. Blitar dikenal karena jejak sejarah yang panjang terjadi di kota ini seperti perlawanan pasukan PETA terhadap Jepang. Blitar selama ini dikenal dengan tokoh proklamator Bung Karno yang dimakamkan di tempat ini.

Bung Karno yang merupakan Presiden pertama Indonesia dimakam di Blitar berdampingan dengan kedua orang tua. Blitar juga merupakan tempat dimana Bung Karno menghabiskan masa kecilnya dikarenakan Orang Tua Bung Karno tinggal di Blitar. 

Berkunjung ke Blitar menjadi hal menarik dikarenakan dapat merasakan semangat kebangsaan Bung Karno yang ada di Kota ini ketika berziarah ke Makam Bung Karno dan mengunjungi Rumah Masa Kecil Bung Karno. Selain itu para Peziarah dan Wisatawan dapat menikmati tempat wisata dan keindahan alam yang ada di Blitar.

Dibawah ini merupakan tempat Wisata di Blitar Yang Menarik dan Mudah Untuk Dikunjungi


1. Kompleks Makam dan Perpustakaan Proklamator Bung Karno 

5 Tempat Wisata di Blitar Yang Menarik dan Mudah Dikunjungi
Kompleks Makam dan Perpustakaan Bung Karno, Kota Blitar (flickr)
Makam Bung Karno menjadi Ikon Wisata Kebangsaan dan Ziarah di Blitar dikarenakan Bung Karno yang merupakan Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan Presiden Pertama Indonesia. 

Peziarah dan Wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri datang untuk berziarah ke Makam Bung Karno. Bung Karno yang terkenal dengan semangat kebangsaannya dan pemikirannya menjadi panutan bagi orang yang mengaguminya. 

Kompleks Makam Bung Karno di Blitar terdiri dari Makam Bung Karno beserta kedua orangtuanya, Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno dan terdapat stand penjual pernak-pernak Bung Karno seperti Baju, Kalender, Foto tentang Bung Karno. 

Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang ada di Kompleks Makam Bung Karno memiliki banyak koleksi buku tentang Bung Karno. Koleksi Buku di Perpustakaan Bung Karno tentang Pemikiran Bung Karno menjadi hal menarik bagi pengagum Bung Karno untuk berkunjung ke Blitar.




2. Candi Penataran 

5 Tempat Wisata di Blitar Yang Menarik dan Mudah Dikunjungi
Candi Penataran, Blitar (Yudi K)
Candi Penataran merupakan Kompleks Candi Terbesar di Jawa Timur. Kompleks Candi Penataran terletak di desa Penataran, Kecamatan Nglegok Blitar di lereng gunung Kelud. Pengunjung dapat melihat kemegahan Candi Penataran yang telah berdiri sejak Kerajaan Kediri dan Raja Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit yang pernah melakukan perjalanan ke Candi Penataran. 

Pagelaran seni yang bernama Purnama Seruling Purnama (PSP) juga sering dilakukan di Kompleks Candi Penataran yang menampilkan seniman dari berbagai daerah dan seniman mancanagera.

3. Taman Kebon Rojo 


Taman Kebon Rojo merupakan taman terbesar di Blitar dikarenakan di dalam taman terdapat berbagai macam jenis pohon dan tanaman yang tumbuh. Pengunjung Kebon Rojo dapat menikmati kesejukan Kebon Rojo dikarenakan suasananya yang rindang dan pengunjung juga dapat mengenal berbagai macam jenis tumbuhan. 

Selain tumbuhan di Kebon Rojo juga terdapat satwa yang berada di dalam komplek Kebon Rojo seperti Burung, Kera, Rusa. Kebon Rojo memiliki fasilitas bermain anak dan Outbond yang dapat digunakan oleh pengunjung tanpa dipungut biaya. 

Bangku Taman juga membuat pengunjung yang lelah dapat duduk dan beristrahat setelah lelah berkeliling melihat tanaman di Kebon Rojo.



4. Istana Gebang 

5 Tempat Wisata di Blitar Yang Menarik dan Mudah Dikunjungi
Istana Gebang, Blitar (Harry Santosa)
Istana Gebang merupakan kompleks rumah masa kecil Bung Karno. Kedua orang tua Bung karno tinggal di rumah yang berada di Jalan Sultan Agung Blitar tersebut. Peziarah dan Wisatawan yang berkunjung ke Makam Bung Karno akan diarahkan ke rumah masa kecil Bung Karno tersebut.

Jarak Makam Bung Karno dan Istana Gebang tidak begitu jauh sehingga dapat ditempuh dengan cepat. Pengunjung Istana Gebang akan merasakan semangat Bung Karno tentang kebangsaan dan dapat melihat berbagai peninggalan keluarga Bung Karno di Istana Gebang seperti foto keluarga Bung Karno, Mobil Bung Karno, Kamar Bung Karno, Meja dan Kursi yang digunakan Bung Karno dan keluarga.

5. Pantai Tambakrejo 


Pantai Tambakrejo merupakan Pantai yang berada di Blitar Selatan. Pantai Tambakrejo memiliki pasir yang berwarna putih dan menjadi favorit bagi wisatawan untuk berkunjung dalam menikmati keindahan pantai. 

Wisatawan di Pantai Tambakrejo selain dapat menikmati keindahan pantai juga dapat berbelanja di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk membeli hasil laut yang dijual oleh nelayan. Ikan Bakar menjadi salah satu kuliner yang dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tambakrejo Blitar.


Baca Juga: 20 Pantai Menawan di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel