-->

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menyenangkan Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menyenangkan Dikunjungi

Surabaya merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur dan memili sebutan sebagai Kota Pahlawan, Wisatawan yang ingin berkunjung ke kota ini dapat menggunakan transportasi darat, udara maupun udara. Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi, dikarenakan akses transportasi kota yang baik serta suasana kota yang nyaman. Surabaya juga menjadi salah satu kota pendidikan di Jawa Timur dikarenakan terdapat banyak Perguruan Tinggi di Surabaya yang menjadi tempat belajar dari mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Surabaya menjadi Kota terbesar setelah Jakarta dikarenakan aktivitas perekonomiannya yang menjadi jalur perdagangan di kawasan Indonesia Timur. Pelabuhan Tanjung Perak menjadi salah satu pelabuhan yang padat ditambah dengan keberadaan Bandara Juanda yang menjadi akses dari penerbangan ke berbagai wilayah di Indonesia. 

Tempat Wisata di Surabaya menjadi salah satu tempat yang menarik dikunjungi ketika sedang berada di Surabaya ataupun saat menjalani kunjungan kerja di Surabaya. Keramahan Masyarakat dan Budayanya akan membuat kita terpesona untuk datang kembali ke Kota Surabaya.


Jika kita berada di Surabaya terdapat beberapa rekomendasi tempat wisata yang menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi:


1. Jembatan Suramadu
10 Tempat Wisata di Surabaya yang Menyenangkan Dikunjungi
Jembatan Surabaya-Madura, Suramadu (Pixabay)

Ketika kita mengunjungi Surabaya, tidak ada salahnya untuk merencanakan perjalanan ke Pulau Madura dann melewati Jembatan Suramadu. Jembatan merupakan sebuah jalan tol namun kendaraan roda dua dapat melewatinya. Jembatan Suramadu memiliki panjang mencapai 5.438 meter, sehingga dapat dikatakan sebagai jembatan terpanjang di Indonesia hingga saat ini.

Jembatan Suramadu memiliki ciri khas arsitektur berupa bentangan cable stayed dari baja serta terdapat lengkungan tinggi di bagian tengah jembatan yang memiliki fungsi untuk membuat kapal-kapal tetap bisa lewat di bawahnya. 

Ketika kita melewati Jembatan Surabaya, kita akan merasakan permukaan jalan yang halus namun sebaiknya tetap berhati-hati kertika berkendara  di Jembatan Suramadu dikarenakan adakalanya banyak kendaraan yang berhenti di bagian tengah jembatan untuk sekadar mengambil foto serta menikmati keindahan dan kemegahan jembatan.

2. Jembatan Kenjeran Surabaya

Jembatan Kenjeran memiliki daya tarik yang mempesona berupa pertunjukan air mancur menari yang mirip dengan Wonder Full yang berada di Marina Bay, Singapura. Air mancur menari ini dapat bergerak mengikuti alunan lagu dengan tambahan cahaya warna-warni yang membuatnya kian semarak.

Pengunjung yang datang kesini, disarankan untuk datang sesuai jadwal pertunjukan air mancur menari yang digelar setiap Sabtu malam dengan durasi waktu satu jam. Jembatan Kenjeran merupakan jembatan yang didirikan untuk menghubungkan Jalan Kenjeran dengan Jalan Ir. Soekarno serta Jalan Laguna. 

Jembatan yang memiliki desain lengkungan menyerupai busur dengan panjang sekitar 700 meter ini selain memiliki air mancur juga menawarkan latar pemandangan Selat Madura yang indah. Wisatawan yang datang ke Jembatan Kenjeran akan merasa betah untuk berlama-lama dikarenakan pemandangan dan suasanya yang nyaman.

3. Taman Gantung Surabaya

Ketika kita berkunjung ke Surabaya maka kawasan jalan Tunjungan merupakan salah satu jalan terpadat. Terdapat gedung-gedung tinggi yang sudah tua dan penuh sejarah serta bangunan perkantoran. 

Diantara bangunan dan jalan yang ramai di kawasan tunjungan terdapat sebuah taman yang menarik sebagai penyejuk bagi masyarakat yang berada di kawasan ini. Taman Gantung tersebut merupakan jembatan penyeberangan sepanjang 30 meter penghubung kawasan pertokoan dan Gedung Siola, yang saat ini diubah menjadi sebuah taman. 

Kita yang berada diberada di Taman ini akan melihat tanaman hias dan bunga indah yang ditanam dibagian sisi-sisi taman. Pada Taman Gantung ini terdapat fasilitas umum seperti kursi dan meja kecil di sekitar taman sehingga pengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan dan kesejukan serta kesegaran udara di Taman Gantung.

Pengunjung disarankan untuk datang pada Malam hari dikarenakan dapat melihat gemerlap lampu kota surabaya yang membuat pemandangan tampak lebih indah. 

4. Museum House of Sampoerna

Sampoerna merupakan salah satu produsen rokok kretek yang terkenal di Indonesia. Penulis bukan mau promosi lho, ternyata Sampoerna memiliki sebuah Museum yang bernama Museum House of Sampoerna, dan terbuka untuk masyarakat umum. 

Meskipun saat ini saham Sampoerna telah diambil alih oleh perusahaan asing, Museum House of Sampoerna tetap dapat kita kunjungi untuk mengetahui sejarah perusahaan serta proses pembuatan rokok, hingga silsilah keluarga Sampoerna.

Penulis yang bukan seorang perokok menilai Museum Sampoerna merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur di Surabaya. Ketika datang dan memasuki gedung, kita akan disambut oleh petugas museum serta akan merasakan aroma tembakau yang khas dan interior bangunan kolonial klasik.

Museum ditata dan dirawat dengan baik, adanya penerangan yang cukup ditambah pendingin udara membuat rasa nyaman saat berada di dalam  museum. Bagi yang ingin berkunjung ke museum ini, kita tidak akan membayar tiket masuk serta biaya lainnya. 

Petugas Museum akan siap menjelaskan tentang koleksi yang ada di sini secara lengkap dan menjawab pertanyaan yang kita ajukan. Selain itu, Museum House of Sampoerna memiliki program keliling Surabaya dengan menggunakan bus yang dikemas sebagai program Surabaya Heritage Track, kegiatan tersebut diadakan setiap hari secara gratis.

5. Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan merupakan bangunan berbentuk tiang tinggi yang menyerupai paku terbalik yang berada di kota Surabaya, tepatnya di depan kantor gubernur Jawa Timur. Tugu ini merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang keberanian serta perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945.

Tugu Pahlawan memiliki panjang, ruas, dan lengkung tugu yang dibangun berdasarkan jumlah angka di tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Pengunjung yang datang kompleks monumen Tugu Pahlawan juga dapat melihat patung para pejuang kemerdekaan seperti; Patung Proklamator Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta saat membacakan teks proklamasi serta patung Bung Tomo. 

Kompleks Tugu Pahlawan juga terdapat Museum yang menyimpan mobil yang digunakan Bung Tomo, berbagai senjata perang, Museum Tugu Pahlawan dapat dikunjungi bagi Wisatawan yang ingin mengetahui sejarah perang 10 November dalam mempertahankan kemerdekaan.

Hal ini yang membuat Komplek Tugu Pahlawan menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Kota Surabaya.



6. Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya sangat indah dan cocok bagi kita yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Taman Kota yang terletak di Jalan Raya Darmo menjadi salah satu tempat wisata yang menarik bagi wisatawan dan warga kota Surabaya.

Taman Bungkul menawarkan fasilitas cukup lengkap meliputi; Arena skateboard dan BMX, Jogging Track, WiFi Gratis, area bermain anak seperti ayunan, perosotan. Pengunjung di Taman Bungkul juga dapat melihat kolam air mancur, hamparan tanaman hijau dan bunga. 

Karena Taman Bungkul memberikan kenyaman dan fasilitas yang lengkap, tidak salah kalau Taman Bungkul memperoleh penghargaan sebagai taman terbaik di Asia pada tahun 2013.

7. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo merupakan tempat wisata yang menawarkan suasana alam di tengah kota. Kawasan Kebun Bibit sangat teduh dan berhawa sejuk dikarenakan banyak tumbuh pepohonan rindang. Pengunjung yang datang ke Kebun Bibit Wonorejo dapat menikmati udara segar untuk menjernihkan pikiran dari rutinitas pekerjaan dan kepadatan kota Surabaya. 

Kebun Bibit Wonorejo menawarkan fasilitas outbound dan area bermain untuk anak, seperti; panjat dinding, jembatan tali. Pengunjung anak-anak juga dapat memberi makan rusa  yang jinak di area kandang. Sehingga dapat dikatakan Kebun Bibit Wonorejo merupakan tempat wisata yang baik untuk keluarga.

Terdapatnya danau serta dermaga kecil membuat kebun bibit memiliki pemandangan yang menawan bagi pengunjung untuk berfoto dan berbincang bersama kerabat. Kebun Bibit Wonorejo juga memiliki sarana olahraga seperti; jogging track dan lapangan yang dapat digunakan untuk masyarakat umum berolah raga.

8. Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Tidak jauh dari Kebun Bibit Wonorejo, terdapat sebuah tempat wisata yang mengambil konsep ruang terbuka hijau bernama Wisata Hutan Mangrove Wonorejo. Kawasan ekosistem hutan bakau Wonorejo menawarkan sensasi pengaalaman menyusuri sungai, dan melihat pemandangan hutan bakau yang indah.

Kawasan hutan bakau Wonorejo yang rimbun serta terawat membuat pengunjung yang datang di tempat ini betah serta keberadaan dermaga di Hutan Mangrove Wonorejo membuat wisatawan dapat melihat pemandangan pohon bakau dan ekosistem yang hidup di dalamnya. 

9. Museum Surabaya

Museum Surabaya menjadi destinasi wisata selanjutnya di Surabaya yang dapat wisatawan kunjungi. Museum Surabaya yang terletak di gedung Siola ini menyimpan koleksi barang-barang bersejarah yang berkaitan dengan sejarah dan perkembangan kota Surabaya. 

Di Museum Surabaya terdapat koleksi mata uang RI kuno, Koleksi alat ukur dan teleskop, foto-foto Wali Kota Surabaya dari masa ke masa, serta berbagai perabot dan furnitur peninggalan Belanda. Museum Surabaya juga sering mengadakan kegiatan interaktif bersama warga kota seperti; workshop tentang museum, diskusi kebudayaan tentang Surabaya.

10. Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam Surabaya merupakan Monumen Kapal Selam yang berdiri di Pusat Kota Surabaya tepatnya berada di dekat Stasiun Gubeng Surabaya. Pengunjung yang datang ke Museum Kapal Selam Surabaya akan melihat Kapal Salam dan Mesinnya serta dapat mengetahui sejarah Kapal Selam di Indonesia.

Monumen Kapal Selam menjadi tempat yang yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dikarenakan tempatnya yang mudah dijangkau dan dekat dengan pusat perbelanjaan di Surabaya. 

Diatas merupakan tempat wisata di surabaya dari berbagai sumber yang dapat menjadi referensi ketika berkunjung ke Surabaya. Pesona Wisata di Surabaya dan Budaya serta 
kulinernya menjadi hal yang menarik untuk kita kunjungi dan nikmati.  

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Mojokerto yang Menarik untuk Napak Tilas Kerajaan 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel