-->

10 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler dan Menarik

10 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler dan Menarik

Jakarta merupakan Ibu Kota Negara Indonesia, DKI Jakarta menjadi pusat pemerintahan dan perdagangan di Indonesia. Jakarta terkenal sebagai wilayah yang memiliki kepadatan penduduk karena menjadi tujuan dari sebagaian besar masyarakat Indonesia untuk mencari pekerjaan dan bekerja. 

Jumlah Gaji yang besar ditambah perputaran ekonomi menjadi daya tarik bagai individu masyarakat dari berbagai daerah untuk mengadu nasib di Jakarta.Padatnya rutinitas dan aktivitas inilah yang membuat tempat wisata menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat di Jakarta untuk melepas penat dari beban pekerjaan sehari-hari. 

Selain wisata di luar kota Jakarta, masyarakat Jakarta juga dapat berwisata di tempat wisata yang berada di Jakarta. Terdapat beberapa tempat wisata di Jakarta yang dapat dikunjungi bersama keluarga ataupun kerabat. Wisata di Jakarta meliputi; Museum, Bangunan Cagar Budaya, Kebun Binatang, Taman, Pantai dan Alam. 
10 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler dan Menarik


Wisata di Jakarta juga menjadi tempat yang menarik bagi masyarakat dari berbagai daerah yang ingin berkunjung ke Jakarta dan melihat Ibu Kota Negara Indonesia. Wisatawan yang berasal dari berbagai daerah dapat menggunakan transportasi umum seperti; pesawat udara, bis, kereta api ataupun kendaraan pribadi ketika ingin berkunjung ke Jakarta. 


Dibawah ini merupakan tempat wisata populer dan menarik di jakarta yang dapat kunjungi ketika berada di Ibu Kota Jakarta:


1. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata di Jakarta yang memiliki berbagai macam wahana permainan. Ancol adalah kawasan wisata yang terdiri dari berbagai macam wisata meliputi: Pantai, Taman,  Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea World, Padang Golf Ancol, Marina, Kereta Gantung. 

Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki fasilitas menginap dan pusat kuliner untuk pengunjung yaitu; Hotel Putri Duyung Cottage, Hotel Mercure Convention Centre, Hotel Raddin Ancol.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) 

Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat wisata yang berisi miniatur keragaman budaya yang ada di Indonesia. Pada bagian dalam TMII terdapat berbagai macam anjungan seni yang mencirikan keaneka ragaman adat dan kebudayaan seperti; tarian, pakaian adat, rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Selain itu pengunjung dapat melihat museum yang menyimpan koleksi benda kebudayaan di TMII. 

3. Monumen Nasional (Monas)
10 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler dan Menarik
Monumen Nasional, Monas (flickr/Ignacio Gallego)

Monumen Nasional dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 ketika pemerintahan Presiden Soekarno. Monumen Nasional biasa disebut dengan Monas dan menjadi ikon Kota Jakarta dan juga kebanggaan Indonesia. 

Pada bagian puncak Monumen Nasional terdapat mahkota yang berbentuk lidah api, melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala tidak pernah padam. 

Bagi Wisatawan dan Pengunjung Monumen Nasional dapat melihat Museum Monas dan Naik dibagian atas Monas melalui lift yang disediakan. 

4. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu merupakan daerah kepulauan yang memiliki pesona yang luar biasa dan terkenal di kalangan wisatawan Indonesia. Kepulauan Seribu menawarkan wisata bahari yang sangat indah untuk para wisatawan yang datang di Kepulauan Seribu. 

Kepulauan Seribu memiliki pantai dan pemandangan bawah laut yang menawan, bagi wisatawan yang akan berkunjung dan menikmati Kepulauan seribu dapat menyewa kapal yang disewakan untuk mengelilingi area spot wisata Kepulauan Seribu.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun binatang Ragunan merupakan kebun binatang yang ada di Jakarta. Pengunjung yang datang ke kebun binatang Ragunan akan melihat koleksi binatang yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. 

Keberadaan kebun binatang merupakan salah satu cara untuk melestarikan keberadaan binatang yang terdesak di habitat aslinya, selain itu kebun bintang menjadi tempat rekreasi keluarga dan wisata edukasi bagi anak untuk mengenal jenis hewan dan membuat anak peduli tentang melestarikan kehidupan binatang dan lingkungannya. 

6. Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta)

Gedung Museum Fatahilah awalnya merupakan Balai kota dimasa penjajahan Belanda tahun 1707-1710 dibawah pemerintahan Gubernur Jenderal Johan van Hoorn. 

Museum Fatahillah diresmikan pada tanggal 30 Maret 1974 oleh pemerintah Indonesia dan di Museum Fatahillah tersimpan barang-barang bersejarah yang menceritakan perjuangan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. 

7. Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah)

Museum Gajah merupakan museum pertama serta terbesar di kawasan Asia Tenggara yang terletak di Jakarta. Museum Gajah ditetapkan sebagai Museum nasional Indonesia pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Pemerintah Indonesia. 

Sejarah Museum Nasional sehingga disebut Museum Gajah dikarenakan Raja Chulalongkorn dari Thailand memberikan hadiah berupa patung dari bahan perunggu yang berbentuk gajah dan saat ini berada di halaman museum. 

Museum Nasional menyimpan Koleksi benda-benda bersejarah meliputi; arca kuno, prasasti, koin lama yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. 

8. Museum Wayang

Museum Wayang terletak di Jakarta, pada awalnya bangunan Museum Wayang bernama De Oude Hollandsche Kerk " Gereja Lama Belanda " yang bangun pada tahun 1640. 

Hingga pada tahun 1732 diperbaiki serta berubah nama menjadi De Nieuwe Hollandse Kerk " Gereja Baru Belanda "  yang bertahan hingga 1808 sebelum akhirnya mengalami kehancuran yang karena adanya bencana alam gempa bumi.

Tempat reruntuhan dari bangunan tersebut akhirnya dibangun kembali menjadi sebuah gedung dan diresmikan sebagai museum wayang pada tanggal 13 Agustus 1975. 

Museum Wayang menyimpan beragam jenis dan aneka bentuk wayang dari kayu, kulit ataupun bahan lain dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Pengunjung yang datang ke Museum Wayang juga dapat melihat wayang yang berasal dari luar negeri yang tersimpan di Museum Wayang.  

9. Museum Bahari

Museum Bahari merupakan tempat wisata selanjutnya di Jakarta yang menarik dikunjungi. Museum Bahari menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yang memiliki hubungan erat dan berkaitan dengan nelayan dan dunia laut. 

Pengunjung dan wisatawan yang datang ke Museum Bahari dapat mengenal sejarah maritim dan mengetahui sejarah Indonesia masa lalu sebagai jalur perdagangan laut dunia untuk distribusi rempah-rempah melalui sejarah bangunan Museum Bahari yang pernah dijadikan sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah oleh VOC.

10. Kota Tua Batavia

Kota Tua Batavia dahulu merupakan pusat perdagangan di Asia yang saat menjadi salah satu tempat wisata menarik di Jakarta. Pengunjung Kota Tua Batavia akan merasakan kebesaran kota Batavia pada dahulu ketika menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda melalui bangunan yang berdiri kokoh di Kota Tua Batavia.

Wisatawan yang datang ke Kota Tua Batavia juga dapat berfoto di depan bangunan bersejarah yang sangat menawan dikarenakan keindahan arsitekturnya. 

Diatas merupakan tempat wisata di Jakarta dari berbagai sumber yang dapat menjadi referensi bagi kita ketika berada di Jakarta untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat dan menjadi tempat untuk melepas penat dari aktivitas kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: Eksotisme Pantai Trisik Kulon Progo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel