Mengetahui 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa. Indonesia merupakan negara Kepulauan sehingga terdapat banyak gunung berapi di Indonesia diantaranya di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Sulawesi. Pulau Jawa yang merupakan Jalur Cicin Api Gunung Berapi memiliki banyak gunung yang aktif maupun gunung tidak aktif. Keberadaan  Gunung di Pulau Jawa memiliki banyak manfaat dikarenakan keberadaan dapat menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat di lereng gunung tersebut. 

Dibawah ini terdapat ulasan tentang 10 gunung tertinggi di Pulau Jawa yang dapat menambah referensi bagi para pecinta alam maupun pendaki gunung; 

1. Gunung Semeru (Mahameru) 3676 Mdpl
Gunung Semeru Jawa Timur


Gunung Semeru atau dikenal juga sebagai Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa, Puncaknya bernama Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Semeru merupakan salah satu gunung berapi teraktif yang ada di Indonesia. Kawah di puncak Gunung Semeru disebut dengan nama Jonggring Saloko. 
Kawahnya selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 – 20 menit sekali, sehingga menimbulkan kepulan asap abu yang terkadang bercampur batu kerikil ke udara. Untuk mendaki ke Puncak Gunung Semeru diperlukan waktu sekitar empat hari. Ranupane menjadi jalur pendakian yang sering dilalui oleh pendaki. 

2. Gunung Slamet 3.428 Mdpl
Gunung Slamet Jawa Tengah
Gunung Slamet, Jawa Tengah (aris)


Gunung Slamet adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, KabupatenPurbalingga, dan Kabupaten Pemalang di Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.428 meter dari permukaan laut (mdpl).

Gunung Slamet memiliki empat kawah di puncaknya yang semuanya aktif. Pendakian Ke Gunung Slamet merupakan magnet bagi pendaki gunung meskipun medan yang dilalu untuk mencapai puncak dikenal sulit. Jalur Pendakiannya adalah Bambangan, Kali Wadas dan Batu Raden menjadi favorit jalur dikarenakan kawasan wisatanya yang Indah. 

3. Gunung Sumbing 3.371 Mdpl 
Gunung Sumbing Jawa Tengah
Gunung Sumbing, Jawa Tengah (Pendaki Gunung Indonesia)


Gunung Sumbing adalah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo di Jawa Tengah. 

Gunung Sumbing mempunyai ketinggian setinggi 3.371 meter dari permukaan laut (mdpl)dengan puncak kawah yang masih aktif.  Kaki Gunung Sumbing terkenal dengan Pertanian Tembakau.  Rute pendakian menuju Gunung Sumbing yaitu garung dan cepit. 

4. Gunung Arjuna 3.339 Mdpl
Gunung Arjuno Jawa Timur
Gunung Arjuno, Jawa Timur (Raden Arjuno)


Gunung Arjuno adalah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini  terletak di Malang, Jawa Timur. Gunung Arjuno mempunyai ketinggian 3.339 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Arjuno dapat didaki dan berbagai arah, arah Utara (Tretes) melalui Gunung Welirang, dari  arah Timur (Lawang) dan dari arah Barat (Batu-Selecta), dan arah selatan (Karangploso), Dari kecamatan Singosari melalui desa Sumberawan.  

Desa Sumberawan di kaki Gunung Arjuna merupakan desa terakhir untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pendakian.

5. Gunung Raung 3332 Mdpl
Gunung Raung Jawa Timur
Gunung Raung, Jawa Timur (Land Of Osing Banyuwangi)


Gunung Raung adalah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di Kawasan Besuki yaitu Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Gunung Raung mempunyai ketinggian 3332 meter dari permukaan laut (mdpl). 

Gunung Raung adalah sebuah gunung yang besar dan unik, yang berbeda dari ciri gunung pada umumnya di pulau Jawa ini. Gunung Raung  merupakan bagian dari kelompok pegunungan Ijen yang terdiri dari beberapa gunung, diantaranya Gunung Suket, Gunung Raung, Gunung Pendil, Gunung Rante, Gunung Merapi, Gunung Remuk, dan Kawah Ijen.

Keunikan dari Puncak Gunung Raung adalah kalderanya yang berbentuk elips dengan kedalaman sekitar 500 meter dalamnya, yang selalu berasap dan sering menyemburkan api dan terdapat kerucut setinggi kurang lebih 100m.  

Gunung Raung merupakan gunung tua dengan kaldera di puncaknya dan dikelilingi oleh banyak puncak kecil yang menjadikan pemandangan di Gunung Raung mengagumkan. Jalur pendakian Gunung Raung melalui desa sumber wringin, Kabupaten Bondowoso. 

6. Gunung Lawu 3.265 Mdpl
Gunung Lawu Jateng-Jatim
Gunung Lawu, Jatim-Jateng (Karanganyar Menyapa)


Gunung Lawu adalah gunung yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak  perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar. Gunung Lawu mempunyai ketinggian 3265 meter dari permukaan laut (mdpl. 

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Hargo Dumilah adalah puncak tertinggi. Gunung Lawu  adalah gunung api “istirahat” dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. 

Di lereng Gunung Lawu terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous. Jalur pendakian yang terkenal Cemoro Sewu, Cemoro Kandang dan Candi Cetho.

7. Gunung Welirang 3.156 Mdpl
Gunung Welirang Jawa Timur
Gunung Welirang, Jawa Timur (El Cotrex)


Gunung Welirang adalah gunung yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto. Gunung Welirang mempunyai ketinggian setinggi 3,156 meter dari permukaan laut (mdpl). 

Welirang dalam bahasa Jawa berarti Belerang. Gunung Welirang memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Jalur pendakian dapat dilakukan melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto. 

8. Gunung Sindoro 3150 Mdpl
Gunung Sindoro Jawa Tengah
Gunung Sindoro, Jawa Tengah (Wonosobo Asri)


Gunung Sindoro adalah gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia.  Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing dan Temanggung sebagai kota terdekat. 

Gunung Sindoro memiliki kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Terdapat kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindoro yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).

Hutan di kawasan Gunung Sundoro mempunyai bertipe hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Jalur pendakian yang dapat dilalui adalah jalur pendakian kledung dan jalur sigedang tambi. 

9. Gunung Merbabu 3142 Mdpl

Gunung Merbabu adalah gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang , Provinsi Jawa Tengah. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142M dpl  puncak Kenteng Songo. 

Gunung Merbabu berasal dari kata “meru” yang berarti gunung dan “babu” yang berarti wanita. Gunung ini dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah yaitu; Kawah Condrodimuko, Kawah Kombang, Kawah Kendang, Kawah Rebab, dan Kawah Sambernyowo.

Terdapat buah puncak yakni puncak Syarif (3119m) dan puncak Kenteng Songo (3142m). Puncak Gunung Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, (Kopeng / Kota Salatiga) Wekas (Kaponan / Kabupaten Magelang) atau dari Selo (Kabupaten Boyolali). Jalur Pendakian akan sangat menarik bila  melalui jalur Utara (Wekas, Cunthel, Thekelan) turun kembali lewat jalur selatan (Selo).

10. Gunung Argopuro 3088 Mdpl

Gunung Argapura adalah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini sering juga disebut dengan Argopuro. Gunung Arguporo termasuk bagian dari Pegunungan Iyang yang terletak di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  Gunung Argapuro mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter dan berada di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. 

Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Gunung Argupora memiliki beberapa puncak, Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. 

Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi). Gunung Argapuro memiliki awasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Jalur pendakian yang dapat dilalui adalah Jalur Pendakian Bremi. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengetahui 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel