-->

7 Wisata Monumen di Jawa Timur

7 Wisata Monumen di Jawa Timur 


Jawa Timur merupakan Provinsi di sebelah timur pulau jawa dan terdiri dari beberapa kota dan kabupaten. Selain terkenal dengan wisata alamnya seperti Gunung Bromo, Semeru, Jawa Timur juga terkenal dengan wisata sejarahnya.

Wisatawan yang datang ke Jawa Timur dapat berkunjung ke beberapa Monumen yang berdiri di wilayah Jawa Timur. Monumen didirikan untuk pengingat tentang sebuah peristiwa yang telah terjadi di suatu daerah ataupun wilayah.  


1. Wisata Monumen Tugu Pahlawan Surabaya 


Monumen Tugu Pahlawan terletak di Kota Surabaya didirikan sebagai pengingat perjuangan rakyat Surabaya dan  Jawa Timur serta rakyat Indonesia seluruhnya yang terlibat dalam perang 10 Nopember 1945 di Surabaya dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 
Monumen Tugu Pahlawan Surabaya


Wisatawan yang berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan selain dapat melihat Tugu Pahlawan dapat juga melihat dan belajar sejarah tentang Tugu Pahlawan dan Perang 10 Nopember dikarenakan terdapat Museum Tugu Pahlawan yang berada di Komplek Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. 


2. Wisata Monumen Pembela Tanah Air (PETA) Blitar 

7 Wisata Monumen di Jawa Timur
Monumen PETA, Blitar (Eko Budi Utomo)

Monumen Pembela Tanah Air (PETA) Blitar berada di Kota Blitar. Monumen PETA  didirikan untuk mengingat perjuangan PETA Blitar dalam melawan tentara Blitar yang dipimpin oleh  Soedanco Soeprijadi. 

Wisatawan dan Peziarah yang datang ke Blitar selain berkunjung ke Makam Proklamator Bung  Karno juga dapat datang ke Monumen PETA Blitar yang terletak di Jalan Soedanco Soeprijadi Kota Blitar.

Monumen PETA Blitar terletak di depan bekas markas tentara PETA Blitar yang kini sebagian digunakan sebagai Sekolah. Setiap Tahun di Monumen PETA Blitar diselenggarakan Drama Kolosal Pemberontakan tentara PETA Blitar yang dipimpin oleh Soeprijadi dalam melawan tentara Jepang yang dapat kita saksikan setiap tanggal 14 Februari ketika berkunjung ke Kota Blitar. 


3. Wisata Monumen Tugu Malang

7 Wisata Monumen di Jawa Timur
Monumen Tugu, Malang (Dardiri Dardak)

Monumen Tugu berada di depan gedung Balaikota Malang. Monumen yang berbentuk tugu dan berada di tengah  bundaran besar ini menjadi ikon kota malang.

Monumen Tugu didirikan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. 
Monumen Tugu Malang dibangun dua kali dikarenakan pembangunan yang pertama pada tahun 1946 rusak yang diakibatkan Agresi Militer Belanda yang pertama pada tahun 1948, maka dilakukan pembangunan kembali pada tahun 1950 yang selesai pada tahun 1953 dan diresmikan oleh Presiden Bung Karno. 

Wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang dapat datang dan melihat Monumen Tugu dikarenakan letaknya yang tidak jauh dari Stasiun Kota Malang. 




4. Wisata Monumen Gerbong Maut Bondowoso

7 Wisata Monumen di Jawa Timur
Monumen Gerbong Maut, Bondowoso (Eqick Doank)

Monumen Gerbong Maut  Bondowoso didirikan sebagai pengingat akan wafatnya pejuang Indonesia yang ditahan oleh Belanda. Pejuang Indonesia wafat di dalam gerbong kereta ketika akan dipindahkan dari tahanan Bondowoso ke Penjara Kalisosok Surabaya. 

Kondisi gerbong tanpa ventilasi membuat kondisi di dalam gerbong menjadi panas dan pengap ditambah kondisi banyaknya pejuang yang ditempatkan di dalam gerbong membuat kadar oksigen menipis serta tanpa makanan membuat Pejuang Indonesia gugur dalam gerbong ketika dalam perjalanan ke Surabaya. 

Wisatawan yang berkunjung ke Bondowoso dapat datang melihat Monumen Gerbong Maut Bondowoso yang terletak di dekat Aloon-Aloon Bondowoso untuk mengingat perjuangan para pejuang Indonesia. 


5. Wisata Monumen Van Der Wicjk Lamongan 

7 Wisata Monumen di Jawa Timur
Monumen Kapal Van Der Wicjk, Lamongan (Wisata Lamongan)

Monumen Van Der Wijck Lamongan didirikan sebagai pengingat tenggelamnya kapal pengangkut penumpang dan barang milik Belanda Van Der Wicjk pada tahun 1936 di perairan pesisir utara laut Jawa.  

Kapal Van Der Wicjk menempuh perjalanan Bali ke Semarang dan singgah di Surabaya sebelum akhirnya tenggelam di perairan Lamongan.  Monumen Van Der Wicjk berada di Kecamatan Brondong, Lamongan. 

Wisatawan yang berkunjung ke Lamongan dapat datang ke Monumen Van Der Wijck sekaligus melihat Monumen dari sebuah peristiwa yang ditulis dalam bentuk buku dan di film kan.  


6. Wisata Monumen Simpang Lima Gumul Kediri 

7 Wisata Monumen di Jawa Timur
Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri (Dee Kurnia)

Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) merupakan ikon Kediri. Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) terletak di desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kediri dan memiliki bentuk yang serupa dengan Monumen Arc de Triomphe yang terletak di Paris, Perancis. 

Monumen Simpang Lima Gumul didirikan untuk mengingat kebesaran kediri yang terinspirasi dari Raja Joyoboyo yang merupakan Raja Kediri pada zaman kerajaan masa lalu yang memiliki keinginan menyatukan 5 wilayah di Kediri. 

Wisatawan yang datang ke Kediri dapat berkunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul dikarenakan aksesnya yang mudah dikarenakan terletak di Jalur yang strategis menuju Surabaya dan beberapa daerah lainnya. Wisatawan dapat berfoto, dan berjalan menyusuri lorong menuju Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) ditambah keberadaan taman yang indah di dekat Monumen Simpang Lima Gumul. 


7. Wisata Monumen Jayandaru Sidoarjo 

7 Wisata Monumen di Jawa Timur
Monumen Jayandaru, Sidoarjo (Delta Kotaku)

Monumen Jayandaru Sidoarjo terletak di Sidoarjo yang berdiri di dekat Aloon-Aloon Sidoarjo. Monumen Jayandaru yang berupa Ikan Bandeng dan Udang menjadi simbol bagi Sidoarjo yang kaya akan hasil laut Ikan Bandeng dan Udang. 

Monumen Jayandaru diresmikan pada bulan Mei 2015 dan menggambarkan dinamika masyarakat Sidoarjo. Masyarakat Sidoarjo banyak yang bergerak di bidang Usaha Kecil Menengah dan menjadi penopang perekonomian di Sidoarjo. 

Wisatawan yang berkunjung ke Sidoarjo dapat datang dan melihat Monumen Jayandaru Sidoarjo dikarenakan letaknya yang strategis sehingga mudah dijangkau. Selain dapat melihat Monumen wisatawan juga dapat berjalan-jalan di Aloon-Aloon Sidoarjo untuk berwisata dan membeli kuliner khas Sidoarjo. 

Berkunjung ke Wisata Monumen dapat menjadi referensi bagi kita untuk datang ke Jawa Timur selain wisata alam dan budaya yang ada di Jawa Timur. Selain 7 Monumen yang disebutkan masih ada Monumen lain di Jawa Timur yang juga dapat dikunjungi seperti; Monumen Kapal Selam, Monumen Trisula dan beberapa monumen lain di Jawa Timur. 


Baca Juga: 7 Pantai Eksotis di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel