-->

Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik Dikunjungi

Destinasi Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik Dikunjungi 

Tempat Wisata di Kalimantan Timur. Indonesia memiliki banyak daerah yang memiliki pesona wisata yang luar biasa selain; Jogja, Bali, Bandung yang berada di Pulau Jawa. Pulau Kalimantan juga memiliki Pesona Alam yang luar biasa salah satunya Provinsi Kalimantan Timur dengan Ibukota Provinsi Samarinda menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi. 

Kalimantan Timur memiliki luas wilayah yang luas serta merupakan provinsi terluas kedua setelah Papua di Indonesia, sehingga terdapat banyak tempat-tempat wisata eksotis mulai dari wisata alam, budaya serta kuliner. Potensi Wisata Kepulauan Derawan menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. 

Kalimantan Timur selain terkenal dengan daerah yang memiliki tambang juga memiliki keanekaragaman potensi wisata dan tempat wisata yang luar biasa bagi wisatawan. Dibawah ini merupakan beberapa tempat wisata yang menarik dan dapat dikunjungi oleh wisatawan yang berada di Kalimantan Timur. 


Destinasi Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik Dikunjungi; 


1. Pulau Derawan
Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Menarik
Pulau Derawan, Kalimantan Timur (Paul Good)

Pantai Derawan yang berada di Pulau Derawan merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Kalimantan Timur karena memiliki keindahan yang sangat mempesona. Kepulauan Derawan merupakan kawasan wisata bawah laut yang tidak kalah dengan wisata bawah laut indah lainnya di Indonesia seperti yang ada Raja Ampat Papua, Pantai Derawan juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata pantai serta bawah laut terbaik di dunia yang berada di Indonesia. 

2. Air Terjun Tanah Merah 
Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Menarik
Air Terjun Tanah Merah, Kalimantan Timur (flickr/Arief Kurniawan)

Air Terjun Tanah Merah terletak di daerah Purwosari Samarinda Utara yang berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kota Samarinda. Air Terjun Tanah Merah merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan Timur yang memiliki akses transportasi yang mudah dijangkau dikarenakan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam serta gemericik air terjun yang mengalir dari atas tebing. 

3. Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS)
Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Menarik
Kebun Raya Unmul, Kalimantan Timur (flickr/agni_dwikalpa)

Kebun Raya Unmul merupakan kawasan hutan milik Universitas Mulawaman yang dapat ditempuh dengan jarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Samarinda. Pengunjung yang berada di dalam Kawasan kebun raya Unmul dapat menjumpai sebuah danau besar serta sepeda air untuk dinaiki oleh pengunjung mengelilinginya. 

Pengunjung yang ingin berkeliling kawasan hutan dapat menggunakan delman sedangkan untuk anak dapat bermain di wahana permainan yang ada seperti; gokart, bianglala, komedi putar yang disedikan bagi pengunjung. Universitas Mulawan juga memiliki kebun binatang mini yang memiliki koleksi binatang untuk menambah pengetahuan serta museum kayu yang berisi informasi-informasi mengenai jenis kayu yang ada di Kalimantan bagi setiap pengunjung yang datang untuk menambah wawasan.

4. Pulau Kumala
Tempat Wisata di Kalimantan Timur Yang Menarik
Pulau Kumala, Kalimantan Timur (flickr/tenggarong box)

Pulau Kumala ini letaknya di sebelah barat kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kaltim
Kawasan Pulau Kumala menyuguhkan budaya Kalimantan bagi pengunjung yang datang meliputi; bangunan adat, candi dan juga patung lembu. Pengunjung Pulau Kumala selain dapat melihat bangunan yang bernuansa budaya dan bernilai sejarah juga dapat mencoba wahana permainan yang disediakan seperti; sky tower, kereta mini, kereta gantung serta komedi putar. Keberadaan Bangunan dan Wahana Permainan membuat Objek wisata ini sering dikatakan mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah yang berada di Jakarta. 

5. Pulau Beras Merah

Pulau Beras Merah di Selat Makassar yang berada di daerah Bontang serta dapat ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam dari Samarinda. Panorama Keindahan Pulau Beras Basah yang memiliki pemandangan hamparan pasir putih dengan air jernih kebiruan membuat perjalanan jauh yang ditempuh pengunjung terbayarkan. Keindahan Pulau Beras meliputi pemandangan pasir putih dan panorama pantainya serta keindahan alam bawah laut Pulau Beras Basah yang rugi untuk dilewatkan.

6. Taman Nasional Kutai (Kutai National Park)

Taman Nasional Kutai terletak di jalan Dipenogoro Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Tempat wisata bernuansa alam Kalimantan Timur memiliki pemandangan yang menarik karena berada di pinggiran Teluk Kaba. Taman Nasional Kutai memiliki keanekaragaman tumbuhan hayati serta aneka jenis satwa, seperti aneka primata yaitu; orang utan, owa kalimantan, bekantan, kera ekor panjang, beruk serta kukang. Taman Nasional Kutai merupakan salah satu taman nasional yang digunakan sebagai pusat rehabilitasi dari orangutan sebelum dikembalikan ke habitat aslinya.

Diatas merupakan tempat wisata di Kalimantan yang didapat dari berbagai sumber yang dapat menjadi referensi bagi kita (admin belum pernah ke kaltim) ketika berada di Pulau Kalimantan khususnya di Provinsi Kalimantan Timur untuk dapat berkunjung. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta Terpopuler dan Menarik


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel