-->

Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Kalimantan Barat. Indonesia merupakan Negara dengan banyak pesona wisata yang berada di setiap daerah. Selain Bali dan Jogja yang terkenal di dunia Internasional karena potensi wisatanya di Pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat yang beribukota provinsi di Pontianak memiliki potensi wisata tak kalah mempesona bagi pengunjung yang datang ke Kalimantan Barat. 

Tempat Wisata di Kalimantan Barat meliputi; pantai, hutan, air terjun, monumen bersejarah yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Keberadaan tempat wisata di Kalimantan Barat ditunjang dengan keanekaragaman budaya masyarakatnya sehingga wisatawan yang berkunjung dapat mengenal budaya masyarakat setempat. Wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Barat juga dapat menikmati kuliner yang pasti memiliki cita rasa tersendiri. 


Dibawah ini merupakan tempat wisata favorit di Kalimantan Barat yang dapat kita kunjungi;


1. Tugu Khatulistiwa
Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi
Tugu Khatulistiwa, Kalimantan Barat (flickr/baka_neko_baka)

Tugu Khatulisma merupakan monumen bersejarah yang terletak di Jalan Khatulistiwa, Pontianak. Tugu Khatuliswa dibangun pada tahun 1928 untuk menandai keberadaan titik garis khatulistiwa atau ekuator. Hal ini berdasarkan penelitian para pakar geografi, bahwa tepat di atas tugu ini melintas garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan selatan. 

Menurut Informasi yang berkembang bahwa setiap tanggal 21-23 Maret serta September, Matahari melintas tepat di atas garis khatuliswa sehingga terjadi fenomena titik kulminasi matahari, yang membuat matahari berada tepat di atas kepala sehingga membuat bayang-bayang dari benda atupun obyek akan hilang untuk beberapa saat.

2. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kabupaten Ketapang. Taman Nasional Gunung Palung merupakan habitat berbagai hewan langka yang dilindungi seperti orang utan dan bekantan. Pengunjung yang datang ke Taman Nasional Gunung Palung juga dapat melihat obyek wisata Gunung Palung serta Air Terjun Lubuk Baji yang menawarkan keindahan yang mempesona bagi wisatawan. 

Menurut Informasi bahwa waktu terbaik bagi wisatawan untuk berkunjung adalah sekitar bulan Juni sampai September. Selain itu Tanam Nasional Gunung Palung terdapat aneka tumbuhan langka seperti bunga anggrek hitam (Februari sampai April) yang dapat memanjakan mata karena keindahannya. 

3. Pantai Pasir Panjang
Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi
Pantai Pasir Panjang, Kalimantan Barat (flickr/Juriani Jo)

Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuhbelas yang berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Singkawang. Pantai Pasir Panjang merupakan pantai yang paling terkenal di Kalimantan Barat. Pantai ini menghadap ke Laut Natuna yang menawarkan pemandangan yang mempesona, Keindahan Pantai Pasir Panjang membuat pantai ini ramai dikunjung serta menjadi tempat yang ideal untuk olahraga renang, memancing, menyelam, ski air dan berselancar.

Terdapat banyak fasilitas yang ada di pantai ini seperti hotel, cottage, toko, rumah makan, sarana olahraga dan wahana permainan. Pengunjung juga dapat mengelilingi pantai serta pulau-pulau kecil yang berada di lepas pantai dengan menggunakan perahu kecil dan speed boat yang disewakan. 

4. Cagar Alam Bukit Kelam

Cagar Alam Bukit Kelam terletak di kota Sintang, Kalimantan Barat. Cagar Alam Bukit Kelam menawarkan keindahan alam yang eksotis, serta terdapat berbagai jenis flora langka seperti meranti, bangeris, tengkawang dan kebas-kebas. Pengunjung yang datang ke Cagar Alam Bukit Alam dapat mendaki puncak bukit melalui tangga batu.Pada puncak bukit terdapat sejumlah gua alam yang menjadi sarang burung walet. 

Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan hutan hujan serta Sungai Kapuas dan Melawi di kejauhan. Wisatawan ataupun Pecinta Alam yang berkunjung dapat melakukan berbagai kegiatan seperti paralayang, trekking, panjat tebing dan hiking.

5. Keraton Kadariah

Keraton Kadariah merupakan salah satu ikon kota Pontianak yang didirikan pada tahun 1771 oleh Sayyid Syarif Abdurrahman al-Kadri, pendiri Kesultanan Kadariah. Pembangunan Istana ini selesai dibangun pada tahun 1778 dengan menggunakan kayu sebagai material utamanya, hingga kini Keraton Kadariah telah mengalami banyak renovasi dan perbaikan namun keindahan dan kemegahannya tetap membuat kagum bagi pengunjung yang datang.

Wisatawan yang berkunjung ke Keraton Kadariah dapat melihat beberapa peninggalan bersejarah seperti; Meriam buatan Portugis dan Prancis yang berada di kompleks Keraton, Senjata Kerajaan, Pakaian Sultan dan Permaisuri Kerajaan, Patung serta foto-foto anggota kerajaan.

6. Danau Lait

Danau Lait terletak di Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Danau Lait berjarak sekitar 80 kilometer dari kota Pontianak yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari Kota Pontianak dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Danau Lait memiliki keindahan mempesona dan potensi perikanan yang melimpah serta pada kawasan Danau Lait terdapat gugusan pulau-pulau kecil yang memiliki keanekaragaman hayati. 

Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Gunung Lait dan Gunung Tiong Kandang menambah pesona dan keindahan yang memanjakan mata untuk memandangnya. Wisatan dapat mengitari Danau Lait dengan menggunakan perahu motor milik masyarakat setempat yang akan membawa wisatawan melihat keindahan Danau Lait. 

7. Jembatan Tayan
Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi
Jembatan Tayan, Kalimantan Barat (flickr/s_tieka)

Jembatan Tayan terletak di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jembatan Tayan diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi pada 22 Maret 2016, Desain Jembatan Tayan memiliki kemiripan dengan Sydney Harbour Bridge di Australia. Jembatan Tayan dengan warna dominan merah dan putih serta panjang mencapai 1.420 meter menjadi penghubung antara Kota Tayan dengan Desa Piasak.

Wisatawan ataupun Pengunjung yang ingin melewati jembatan ini, memerlukan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan darat dari Kota Pontianak. Ketika memasuki kawasan Jembatan Tayan, kita akan melihat lampu-lampu jembatan dengan desain seperti mata kail di setiap sisi jalan. Pengunjung disarankan untuk mengunjungi Jembatan Tayan pada saat pagi dan sore hari. 

Hal ini dikarenakan pada saat itu pengunjung dapat menikmati keindahan saat pagi hari ketika matahari terbit maupun sore hari ketika matahari terbenam dengan udara yang sejuk. Untuk pengunjung yang datang pada siang hari tidak perlu khawatir dikarenakan saat siang hari pengunjung dapat berwisata kuliner ataupun meminum es kelapa muda di pinggir Sungai Kapuas  serta melihat pemandangan dari bawah Jembatan Tayan.

8. Alun-Alun Kapuas
Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi
Alun Alun Kapuas, Kalimantan Barat (flickr/YRezeki)

Taman Alun-Alun Kapuas terletak di jalan Rahadi Osman, Kecamatan Pontianak Kota. Taman Alun Alun Kapuas Pontianak yang berada di pinggiran sungai kapuas ini, persis di depan kantor Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura (KOREM) sehingga sering juga disebut dengan Taman Korem oleh masyarakat Pontianak. 

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Alun-Alun Kapuas dapat menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi karena akses jalan yang mudah. Alun-Alun Kapuas terdapat berbagai sarana dan prasarana yang disediakan untuk pengunjung seperti panggung hiburan, taman, air mancur.

Diatas merupakan Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang diperoleh dari beberapa sumber yang dapat menjadi referensi bagi kita ketika berkunjung ataupun berada di Kalimantan Barat. 

Baca Juga: Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Menarik Dikunjungi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel