-->

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan Tiba

Pada saat musim hujan datang, kesehatan tubuh kita rentan terkena penyakit. Hal ini membuat kita perlu waspada dengan menjaga kesehatan sehingga tubuh kita terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu aktivitas kita dalam kehidupan sehari-hari. 

Musim Hujan terkadang membuat daya tubuh kita dan keluarga menurun. Aktivitas yang tertunda dikarenakan hujan datang serta cuaca yang berubah menjadi dingin menjadi hal yang perlu kita perhatian ketika musim hujan datang. Kesehatan Tubuh menjadi hal utama yang menjadi prioritas kita dalam menghadapi musim hujan. 

7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


Dibawah ini merupakan beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang dapat kita lakukan:


1. Mengonsumsi Vitamin C

Pada saat daya tahan tubuh melemah, kita akan lebih mudah terserang penyakit. Sehingga Mengonsumsi makanan ataupun Buah-Buahan yang mengandung vitamin C akan sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Memenuhi Asupan Cairan dalam Tubuh

Pada saat musim hujan kondisi lingkuangan akan berhawa dingin, sehingga rasa haus terkadang tidak terasa. Hal itu yang membuat kita sering mengabaikan kebutuhan untuk mengkonsumsi air mineral dalam kadar cukup. 

Padahal dalam keadaan musim hujan ataupun cuaca panas, kebutuhan tubuh kita akan cairan tetap sama. Dengan memenuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh, kekebalan tubuh kita akan meningkat dan terjaga dari penyakit. 

Disamping itu dengan meminum air mineral yang cukup dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

3. Makan Tepat Waktu dan Cukup

Pada saat musim hujan, terkadang kita akan sering merasa lapar. Sehingga kita dianjurkan makan ketika perut kita merasa lapar. Tetapi, sebaiknya dalam jumlah yang cukup saja, jangan makan secara berlebihan. 

Hal Ini dikarenakan saat musim hujan, metabolisme dalam tubuh sedikit melambat sehingga tidak baik membebani tubuh dengan makan yang berlebihan.

4. Mencuci Tangan dengan Sabun

Ketika musim hujan datang, kelembapan lingkungan akan menjadi tinggi. Hal Ini membuat bakteri serta kuman penyakit berkembang biak dengan lebih cepat. Sehingga untuk menjaga kesehatan tubuh kita disarankan untuk mencuci tangan dengan air bersih serta sabun sehingga kita terhindar dari penyakit. 

5. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Musim Hujan akan membuat hawa terasa dingin yang membuat kita merasa cepat mengantuk. Sehingga kita perlu waktu tidur yang baik saat malam yang cukup serta diusahakan untuk tidak begadang.

Hal ini dikarenakan Kekurangan tidur dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun. Tetapi, bukan dengan tidur seharian karena tidur yang terlalu lama dapat membuat badan lemas dan otot-otot kaku.

6. Mengenakan Jaket dan Pakaian Hangat

Saat musim hujan untuk melindungi tubuh kita dari cuaca dingin, sebaiknya kita mengenakan jaket dan pakaian yang cukup hangat. Ketika beraktivitas di luar ruangan diusahakan tubuh kita tetap hangat dengan pakaian yang dipakai serta memakai payung ketika hujan. 

7. Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Rumah

Pada saat musim hujan, Rumah yang kita tinggali akan mudah kotor. Ditambah dengan kotoran sampah yang cepat membusuk dikarenakan kelembapan udara yang tinggi. Hal ini membuat kuman dan bakteri penyakit berkembang dengan lebih cepat. 

Sehingga kita perlu membersihkan rumah serta lingkungan tempat tinggal kita sehingga kuman dan bakteri tidak berkembang biak.

Diatas merupakan beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan tiba yang diperoleh dari berbagai sumber yang dapat menjadi referensi kita menyambut musim hujan. 

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel