-->

Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya 

 

Pada artikel kali ini penulis akan membahas Buah Srikaya, Buah yang juga memiliki nama berbeda di beberapa daerah seperti; Buah Sirkaya, Buah Delima Bintang, dapat dibilang unik dikarenakan mirip dengan Buah Sirsak namun lebih kecil dan tidak berduri dan keras. 

Penulis di rumah memiliki buah ini sejak penulis kecil, Buah ini sudah berada di depan rumah. Buah Sirkaya apabila matang akan berwarna kekuningan dan cenderung lembek teksturnya. Ketika belum matang cenderung keras dan terdapat sejenis hewan kecil-kecil berwarna putih. 


Buah Srikaya adalah salah satu jenis buah yang dalam bahasa latin disebut Annona Squamosa, Srikaya merupakan salah satu buah – buahan yang memiliki bentuk kecil, berwarna hijau dan hanya hidup di daerah tropis saja. Buah Srikaya kaya akan nutrisi maupun vitamin, sehingga sangat baik untuk di konsumsi dan menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan


Buah Srikaya mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia, termasuk; karbohidrat, serat makanan, protein, tiamin (B1), seng, riboflavin (B2), kalium, niasin (B3), fosfor, asam pantotenat (B5), mangan, kalsium, vitamin B6, folat (B9), vitamin C, zat besi dan magnesium.



Dibawah ini merupakan beberapa Manfaat dan Khasiat Buat Srikaya untuk Kesehatan kita; 


1. Buah Sirkaya, Baik untuk Menambah Berat Badan

Buah srikaya merupakan buah buahan yang dikemas dengan kalori yang menyehatkan dan kandungan gulanya dapat membantu untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga meningkatkan nafsu makan seseorang. Karena buah sirkaya dapat membantu meningkatkan kalori di dalam tubuh kita.


2. Buah Sirkaya, Baik untuk Menyembuhkan Asma

Buah srikaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan antioksidan, sehingga dapat membantu dalam meminimalkan risiko serangan asma. Manfaat buah srikaya juga dapat menyembuhkan penyakit asma, karena buah ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 salah satu fungsinya dapat menyembuhkan asma dan mengurangi peradangan pada paru-paru. 


3. Buah Sirkaya, Baik untuk Menyehatkan kinerja Jantung

Buah srikaya juga memilki khasiat untuk menyehatkan jantung. Karena kandungan mangnesium di dalam buah sirkaya ini, dapat menjaga atau melindungi jantung dari kerusakan atau penyakit jantung. Srikaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B6 yang penting untuk mencegah akumulasi homosistein dalam darah.


4. Buah Sirkaya, Baik untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah srikaya dapat membantu sistem pencernaan karena kandungannya yang tinggi akan serat makanan. Buah ini juga dapat membantu dalam membuang racun yang tidak diinginkan dari usus sehingga dapat mempermudah gerakan usus. kita yang tidak ingin terkena gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, ataupun gangguan lainya kita sangat di anjurkan untuk mengonsumsi buah srikaya ini.


5. Buah Sirkaya, Memiliki Serat yang Baik untuk Penderita Diabetes

Buah srikaya memiliki kandungan serat yang bagus untuk para penderita diabetes, karena serat ini mampu memperlambat proses penyerapan gula. Buah Srikaya juga dapat mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Sehingga buah ini sangat baik untuk di konsumsi para penderita diabetes, atau untuk mencegah terkena diabetes. 


6.  Buah Sirkaya, Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah srikaya merupakan sumber yang kaya akan nutrisi penting dan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Asupan rutin buah srikaya dapat secara efektif mencegah masalah kulit seperti menunda penuaan, mencegah kulit terbakar, dan mempromosikan peremajaan sel-sel kulit. Buah ini juga merangsang produksi kolagen dalam tubuh yang dapat membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit.


7. Buah Sirkaya, Baik untuk Ibu Hamil 

Manfaat buah srikaya untuk ibu hamil. Buah srikaya mengandung cukup tinggi asam folat, yang merupakan vitamin yang sangat penting bagi wanita hamil. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk secara teratur mengkonsumsi Buah Srikaya karena dapat meningkatkan produksi ASI.
Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan


8. Buah Sirkaya, Baik untuk Meningkatkan Energi

Buah srikaya merupakan sumber yang sangat baik dari thiamin yang dapat membantu dalam mengubah gula menjadi energi. Singkatnya, srikaya dapat memberikan tambahan energi sehingga dapat mengatasi kelelahan tubuh.


9. Buah Sirkaya, Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah srikaya mengandung cukup tinggi kalsium dan magnesium yang penting dalam mempromosikan kesehatan tulang, menjaga tulang yang kuat, serta dapat meningkatkan kepadatan tulang.


10. Buah Sirkaya, Baik untuk Mencegah Resiko Kanker

Buah srikaya mengandung alkaloid dan acetogenin yang secara efektif dapat mencegah pertumbuhan sel tumor dan mengurangi risiko kanker. Pada lapisan luar srikaya mengandung tannin dan astringent yang telah terbukti efektif dalam mengobati dan menghambat sel-sel tumor dan kanker.


11. Buah Sirkaya, Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah Srikaya merupakan sumber yang kaya akan vitamin C dan riboflavin yang daapt membantu dalam mencegah masalah mata tertentu, seperti degenerasi makula, penglihatan yang buruk, rabun senja, serta mempertahankan penglihatan yang baik.


12. Buah Sirkaya, Baik untuk Kesehatan Sistem Pencernaan 

Buah srikaya dapat membantu sistem pencernaan karena kandungannya yang tinggi akan serat makanan. Buah ini juga dapat membantu dalam membuang racun yang tidak diinginkan dari usus sehingga dapat mempermudah gerakan usus. Hal ini juga membantu untuk mengurangi risiko sembelit, gastritis, mulas, maag dan sakit perut.


13. Buah Sirkaya, Baik untuk Mengontrol Tekanan Darah 

Buah srikaya merupakan sumber yang baik dari potassium dan magnesium yang dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkontrol. Bagi mereka dengan tingkat tekanan darah fluktutif, mngkonsumsi sebuah srikaya per hari dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol.


14. Buah Sirkaya, Baik untuk Membantu Mengobati Anemia

Buah srikaya dapat berfungsi sebagai stimulan, pendingin, ekspektoran dan haematnic. Selain itu, buah srikaya sebagai sumber zat besi yang kaya juga dapat berguna dalam mengobati anemia.

Diatas merupakan beberapa Manfaat dan Khasiat Buah Sirkaya yang penulis dapat dari beberapa sumber, semoga bermanfaat bagi kita yang mengkonsumsi Buah Sirkaya. 



Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah untuk Tubuh Manusia


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel