-->

8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi

8 Jenis Makanan Alternatif Pengganti Nasi 

Mengonsumsi nasi berlebihan dapat menyebabkan dampak kurang baik bagi tubuh, kandungan kadar indeks glikemik yang tinggi membuat kandungan gula dalam darah tinggi. 

Pada tingkat tertentu mengkonsumsi nasi sama halnya dengan meningkatkan resiko diabetes. Terdapat beberapa alternatif makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan pokok yang kita konsumsi selain nasi. 

Dibawah ini merupakan 8 Jenis Makanan yang dapat menjadi alternatif selain nasi; 

1. Jagung
Jagung Pengganti Nasi


Jagung pada dasarnya mengandung kalori sehat dengan intensitas tinggi. Apabila dihitung, kalori jagung dapat menyentuh angka 345 setiap 100 gram. Kandungan Nutrisi dalam Jagung menjadi alternatif makanan pengganti dari nasi dengan bonus tidak adanya penambahan berat badan. 

Jagung sendiri juga bisa ditemukan disepanjang musim. Selain itu, jagung juga mengandung berbagai nutrisi seperti Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Folat, Fosfor, Magnesium, Mangan dan Selenium. Konsumsi jagung dengan  mengombinasikannya dengan makanan sumber protein dan sayuran. 

2. Kentang
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi


Kentang, sebuah nama yang tidak asing bagi pecinta kuliner Indonesia. Namun siapa sangka nutrisi yang ada pada kentang ini memberi banyak kebaikan untuk tubuh.  

Selain untuk memenuhi keperluan asupan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh seperti Vitamin C, Vitamin B, Zat Besi, Kalsium, Kalium juga Serat. Kandungan Pati resisten yang terkandung dalam kentang juga dapat membakar lemak tubuh. 

3. Singkong 
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi


Singkong adalah salah satu jenis bahan makanan pengganti dari nasi. Pada dasarnya singkongnya adalah makanan yang telah dikonsumsi masyarakat Indonesia sedari dulu.

Kandungan pada singkong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam singkong ditambah dengan indeks glikemik yang cukup rendah (kurang dari 55) tentu sangat membantu untuk menurunkan berat badan. 

4. Sukun 
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi



Sukun pada dasarnya adalah tanaman yang termasuk dalam jenis buah-buahan. Makanan ini bisa digunakan sebagai makanan pengganti dari nasi karena sukun memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. 

Dibanding dengan beberapa makanan pokok lain sperti; kentang atau ubi jalar, sukun memiliki keunggulan dalam kandungan protein dan karbohidratnya yang lebih tinggi. Sukun juga mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk memelihara kesehatan ginjal dan jantung. 

5. Ubi Jalar 
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi


Ubi Jalar memiliki kadar indeks glikemik yang tergolong rendah. Kandungannya hanya sekitar 54. Hal ini tentu membuat ubi jalar tidak berperan signifikan dalam meningkatkan gula darah.

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C dalam ubi jalar cukup tinggi. Kandungan Vitamin C nya dapat memenuhi sampai 61 % kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar memiliki kandungan yang dapat mencegah sembelih. Ubi Jalar juga mudah dicerna tubuh sehingga baik untuk kesehatan. 

6. Talas 
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi


Talas pada dasarnya memiliki kandungan kadar glikemik yang rendah, hanya sekitar 54 saja. Hal ini membuat talas cocok sebagai makanan pengganti nasi, terutama bagi anda yang sedang menjalankan diet ketat untuk menurunkan berat badan.
  
Talas juga mengandung kandungan nutrisi seimbang dan lengkap. Hal ini membuat talas sangat disarankan untuk dikonsumsi. Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi talas pada  saat diet hanya boleh dengan olahan rebus atau kukus. 

Jangan mengonsumsi talas yang digoreng atau dijadikan kripik, talas juga baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, hipertensi dan tekanan darah tinggi.

7. Kacang Hijau
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi


Kacang Hijau memiliki kandungan gizi sangat tinggi dan cukup lengkap seperti; Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Asam Folat, Karbohidrat, Serat, Protein, Asam Lemak Omega 3, dan juga Omega 6. 

Kacang Hijau juga terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Kacang Hijau sebagai salah satu alternatif makanan pengganti dari nasi. Kacang Hijau juga sangat menyehatkan badan karena mengandung kalori yang rendah. 


8. Beras Merah
8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi


Beras Merah sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini membuat beras merah cocok menjadi makanan pengganti dari nasi. Beras merah pada dasarnya memiliki kandungan rendah kalori dan karbohidrat. 

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam beras merah berperan sebagai sumber energi kedalam perut sehingga dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang cukup lama. 


Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah untuk Tubuh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel