-->

Manfaat dan Khasiat Buah Untuk Tubuh Manusia

Buah merupakan sumber makanan bagi manusia yang sangat penting bagi tubuh manusia. Buah dapat menjadi alternatif ketika nasi yang menjadi makanan utama tidak tersedia. 

Buah terkadang menjadi pengganti bagi nasi ketika manusia tidak diperbolehkan makan nasi dikarenakan kondisi kesehatannya yang tidak baik. Pengolahan dan penyajian buah yang baik menjadi penting ketika manusia akan memakan buah . 

Buah dapat kita jumpai di alam maupun kini sudah banyak dibudidayakan oleh manusia, banyak pedagang buah di lingkungan kita sehingga buah dapat diperoleh dengan mudah. Buah yang manis menjadi salah satu hal yang membuat manusia mengkonsumsi buah. 

Dibawah ini merupakan beberapa jenis buah dan khasiatnya bagi tubuh manusia; 

Khasiat Buah Anggur

Buah Anggur dapat Menghilangkan lemak pada ginjal dan bagian tubuh yang lain. Kandungan tanin di dalamnya mampu melawan Virus dan Kuman Penyakit.


Kandungan flavonoidnya sebagai antioksidan dan mencegah atheroclerosis, mengandung zat besi, mencegah konsitipasi, membersihkan hati, membantu fungsi ginjal, membantu pembentukan darah, menonaktifkan VIRUS dan menurunkan kolesterol.

Cara Pengolahan dan Penyajian: 

100 gram buah Anggur segar di cuci bersih dan di buang bijinya lalu di belender bersama 50cc air matang. Jus ini diminum satu gelas sehari secara rutin setelah makan siang. 

Khasiat Buah Apel

Buah Apel Memperbaiki totot, pencernaan, mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan tubuh, menyerap kelebihan air di dalam usus. 

Mengontrol keluarnya insulin, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, membersihkan tubuh, menyembuhkan segala peradangan, mengatasi segala infeksi, membantu pembentukan tulang, menyerap kalsium dari makanan yang dicerna tubuh.

Cara Pengolahan dan Penyajian:

100 gram buah Apel segar dicuci, buang bijinya daging buahnya dijus dengan air 50 cc, jus di minum satu gelas sehari sesudah makan siang. 

Khasiat Buah Alpukat

Buah Alpukat dapat mengobati sariawan, kencing batu, darah tinggi, kulit muka kering, sakit gigi berlubang, kencing manis, mengurangi radang pada tulang.

Cara Pengolahan dan Penyajian: 

100 gram buah Alpukat matang dan segar dicuci bersih dibawah air mengalir, daging buah diambil, dipotong-potong kecil, lalu diblender. 

Kita dapat menambahkan air atau susu kedelai sebanyak 50 cc. Satu gelas Jus Alpukat  diminum sehari pada siang atau malam hari sesudah makan. 

Khasiat Buah Belimbing

Buah Belimbing sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan darah tinggi, menurunkan kolesterol, dan asam empedu dalam tubuh. 

Cara Pengolahan dan Penyajian: 

100 gram Buah Belimbing matang yang masih segar dan masak dicuci bersih, lalu dibelender bersama bijinya. Ketika di blender tambahkan air sebanyak 50 cc, jus ini diminum satu gelas sehari sesudah makan malam. 

Khasiat Buah Pir

Buah Pir dapat mengobati diabetes, antideman, mengatasi gangguan pencernaan, dan jika anda sering bepergian dengan kendaraan umum ataupun pribadi maka siapkan buah ini karena dapat di jadikan obat mabuk perjalanan.

Cara Pengolahan dan Penyajian: 

200 gram Buah Pir segar yang telah masak dicuci bersih, dikupas lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50 cc, jus ini diminum tiga gelas sehari pada pagi siang dan malam hari. 

Khasiat Jambu Biji

Jambu Biji untuk mengatasi diare akut dan kronis, disentri, radang usus, gangguan pencernaan di dalam tubuh dan kencing manis.

Cara Pengolahan dan Penyajian: 

100 gram Buah Jambu Biji segar yang telah masak dicuci bersih, buang bijinya, lalu diblender, sewaktu memblender tambahkan air sedikit demi sedikit hingga 50 cc, jus ini diminum satu gelas sehari sesudah makan pagi, siang atau malam.


Baca Juga: 8 Makanan Alternatif Pengganti Nasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel