-->

4 Stadion Eropa dengan Fasilitas Masjid bagi Umat Muslim

4 Stadion di Eropa dengan Fasilitas Masjid bagi Umat Muslim

Pertandingan sepak bola dan latihan sepabola di stadion eropa membuat para penonton dan pemain yang beragama Islam kerap merasa kesulitan menjalankan ibadah salat. Hal itu biasanya disebabkan karena keberadaan masjid atau mushola biasanya jauh dari stadion. Terkadang mereka menggunakan ruang ganti untuk menunaikan ibadah salat. Namun, hal itu tak akan terjadi pada beberapa stadion di Eropa ini.

Seperti yang dilansir dari laman bolasport, beberapa stadion di eropa telah memperhatikan para pemain dan penonton yang beragama Islam dengan cara mendirikan fasilitas masjid di area stadion sehingga memudahkan para pemain dan penonton untuk memenuhi kewajibannya dalam menjalankan ibadah salat.

4 Stadion di Inggris yang menyediakan fasilitas masjid:

1.  Etihad Stadium, Manchester City

Manchester City merupakan salah satu klub yang berlaga di Liga Primer Inggris, Pelopor pembangunan masjid dari klub ini adalah Sheikh Mansour Zayed Al Nahyan. Pemilik Manchester City ketika membeli Manchester City dia mampu mengubah status Manchester City dari klub biasa menjadi klub yang mampu bersaing di papan atas Liga Primer Inggris.
Etihad Stadium, Stadion Manchester City
Etihad Stadium, Stadion Manchester City

Pemilik Manchester City tersebut juga mengelola klub ini tanpa meninggalkan sisi religius bagi pemeluk  agama Islam dengan membangun masjid di areal stadion. Beberapa pemain Manchester City yang beragama Islam dapat menjalankan kewajibannya agama di Masjdi yang berada di Komplek Manchester City. 

2. St James 'Park, Newcastle United

Newcastle United dengan stadionnya, St. James' Park. Meski bertajuk "St." yang selalu identik dengan seorang suci, nyatanya manajemen stadion mengerti bahwa agama sangat berpengaruh besar terhadap mentalitas para pemain. 

Manajemen memahami tentang kepentingan masjid untuk pemain muslim dan penonton sehingga St James Park  difasilitasi dengan masjid yang dapat digunakan oleh pemain muslim untuk beribadah. 

3.  Ewood Park, Blackburn Roves

Stadion menjadi kandang Blackburn Rovers yang berlaga di divisi 2 Liga Inggris, mampu menampung lebih dari 31.000 penonton ini mendirikan masjid di area komplek stadion untuk  mempermudah pemain dan penonton muslim untuk beribadah, Masjid yang didirikan dapat digunakan oleh pengunjung stadion yang berasal dari kota Blackburn maupun pengunjung dari luar kota yang beragama islam.

Blackburn menjadi salah satu klub yang berhasil membangun toleransi antar agama. Komplek Stadion Ewood Park selain memiliki fasilitas Masjid juga terdapat gereja bagi umat nasrani di areal stadionnya. Pengunjung dapat menggunakannya untuk beribadah ketika berada di Stadion Ewood Park ketika melihat Blackburn berlaga maupun saat mengunjungi Kompleks Stadion. 

4. Macron Stadium, Bolton Wanderers

Stadion yang menjadi kandang klub Bolton Wanderers. Stadion ini mampu menampung hampir 29.000 penonton, Pengelola stadion ini membangun masjid di area stadionnya sehingga pengunjung yang beragama muslim dapat menjalankan ibadah dan cukup banyak warga muslim Inggris yang tinggal di kota Bolton, Inggris. 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel