-->

Aspek Pemimpin Muda

Pemimpin Muda

Aspek-Aspek Pemimpin Muda



Ringkasan beberapa aspek yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin muda untuk menghasilkan pemimpin yang lebih baik, yaitu:

  1. Mau memberikan pengayoman: Pengayom adalah salah satu aspek yang tidak populer bagi pemimpin, karena hal ini akan menyita banyak waktu, tenaga, pikiran, bahkan dana. Namun pengayoman adalah aspek mendasar bagi lahirnya pemimpin yang berkualitas. Tidak memanfaatkan, tidak melukai, dan tidak membiarkan tanpa arah atau tujuan orang-orang yang dipimpinnya adalah itikad baik dari pemimpin yang memberikan pengayoman.
    Manusia
    Sumber Gambar: (health.liputan6)
  2. Adanya komunikasi yang terus-menerus: Unsur penting yang tidak bisa dilupakan adalah komunikasi yang baik. Tanpa komunikasi yang baik, maka akan muncul kegelisahan, ketidak kepercayaan, dan perasaan diperalat, dari orang-orang yang dipimpinnya. 
  3. Selalu memberikan penghargaan dan pujian: Penghargaan dan pujian adalah kebutuhan utama setiap manusia, siapapun orangnya. Penghargaan bagai garam dalam makanan. Tanpa garam, makanan terasa hambar. Demikian halnya dengan kepemimpinan tanpa penghargaan. 
  4. Memberikan kepercayaan total: Beriman atau percaya bahwa setiap pemimpin yang diayomi mampu melakukan yang terbaik. Tanpa semangat ini, orang-orang tidak akan pernah berani mencoba.
  5. Mengasihi tanpa syarat orang yang dipimpinnya: Mengasihi tanpa syarat adalah kasih yang tidak dimiliki oleh dunia.
  6. Memberikan disiplin yang benar: Disiplin adalah salah satu wujud kasih yang nyata. Disiplin sangat diperlukan untuk membentuk karakter yang kuat.
  7. Mengerti isi hati: Sebagai pemimpin muda, kadang kala kita harus belajar melihat motivasi terdalam orang-orang yang kita ayomi sekalipun mereka mengalami kegagalan. Untuk itu, pemimpin harus memberikan motivasi kepasa orang-orang yang dipimpin jika mereka mengalami kegagalan agar mereka bisa bangkit dari kegagalan.
  8. Selalu hadir saat dibutuhkan: Kehadirannya dapat dirasakan dampaknya bagi orang yang dipimpinnya.


Sumber : Ringkasan dari Bukan Sembarang Pemimpin (Budi Abdipatra). Hlm.34-43.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel