-->

Mahasiswa Baru (MABA), Menatap Asa Menimba Ilmu

Mahasiwa Baru

Menjadi Mahasiswa Baru (MABA)

Mahasiswa Baru di Universitas


Dunia kampus yang berbeda dibandingan bangku sekolah dan memiliki kebebasan lebih merupakan tantangan bagi setiap siswa yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, Tantangan untuk berkreasi ataupun terlena dengan keadaan yang ada. Mahasiswa baru sangat rawan dengan situasi dan pemahaman yang berkembang di dunia kampus seperti ideologi, kerohanian, tingkah laku. Mahasiswa baru terkadang merupakan perantauan yang jauh dari orang tua dan saudara akan sangat membutuhkan dukungan (support) dalam dunia perkuliahan. Orang di sekitar mahasiswa baru menjadi sangat penting bagi kehidupan kampus yang dijalaninya. 

MABA
Gambar oleh : (unnes)
Pada saat mahasiswa baru banyak organisasi dan kakak angkatan di universitas yang berlomba-lomba menawarkan hal yang menarik didalam organisasinya untuk dapat menarik minat mahasiswa baru bergabung dalam organisasi tersebut ataupun menjadi adik bimbing kakak angkatan. Pada awal masuk kuliah inilah sangat penting bagi mahasiswa baru memiliki wawasan yang baik dan penentuan pilihan yang baik dalam menentukan pilihannya, mahasiswa yang tertarik akan organisasi dapat memilih organisasi yang baik bagi masa depannya di kampus, ataupun mahasiswa yang tidak tertarik organisasi dapat fokus untuk perkuliahannya.

Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK) Mahasiswa Baru menjadi suatu kegiatan yang penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan kampus, Ospek menjadi tempat belajar akan kehidupan kampus dimulai dengan pengenalan organisasi kampus, kakak kelas angkatan, dosen, alumni dan sistem perkuliahan yang ada di Universitas. Ospek dengan waktu terbatas harus dimanfaatkan dengan baik oleh Mahasiswa Baru sehingga Keberanian, Keingin tahuan Mahasiswa Baru akan sangat bermanfaat di waktu ini dikarenakan terkadang Mahasiswa Lama (Kakak Angkatan ) sesuai dengan kebijakan Panitia Ospek terkadang memberikan tugas yang sangat berat bagi Mahasiswa Baru. Keberanian diperlukan ketika terjadi hal yang tidak sejalan dengan manfaat akan pengenalan dan lingkungan Kampus bagi Mahasiswa Baru. Keingin tahuan ini bermanfaat ketika Mahasiswa Baru dapat belajar akan Organisasi, Kehidupan Kampus dan Program Study yang diambil oleh Mahasiswa Baru. (cpe/aka)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel