-->

10 Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi


Wisata Tanjung Selor. Kabupaten Bulungan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kalimantan utara serta merupakan pusat pemerintahan dari provinsi Kalimantan Utara. Hal ini dikarenakan ibu kota Kalimantan Utara yakni kota Tanjung Selor termasuk ke dalam wilayah kabupaten Bulungan. Kabupaten Bulungan yang berada di kalimantan utara memiliki potensi wisatawan yang cukup besar sehingga menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung tanjung selor, terdiri dari wisatawan lokal ataupun wisatawan dari luar negeri.

Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bulungan dapat mengunjungi tempat wisata bertema religi, alam, budaya serta menikmati kuliner khas kabupaten Bulungan. Tanjung selor menjadi salah satu wilayah di kabupaten bulungan yang paling sering di kunjungi wisatawan selain dikarenakan sebagai ibukota provinsi Kalimantan Utara terdapat banyak tempat wisata di wilayah tanjung selor sehingga membuat wisatawan merasa betah ketika berkunjung ke tanjung selor untuk berwisata dan menikmati libur akhir pekan.

Mengunjungi Kabupaten Bulungan sekaligus berwisata ke tanjung selor akan membuat kunjungan ke kabupaten bulungan, provinsi kalimantan utara menjadikan kunjungan terasa lengkap serta menjadi pilihan yang tidak akan membuat menyesal. 


10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara


1. Air Hutan Gunung Seriang

Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Air Hutan Gunung Seriang, (Doc: indonesia_tourism)
Wisata Air Hutan Gunung Seriang berada tidak jauh dari pusat kota kabupaten bulungan yakni kota tanjung selor. Air Hutan Gunung Seriang menawarkan pemandangan hutan yang masih asri dan sejuk bagi pengunjung yang datang perjalanan menuju tempat wisata Air Hutan Gunung Seriang akan terbayarkan. Wisata dapat melihat keindahan air yang mengalir dari Hutan Gunung Seriang.
Wisatawan yang berkunjung saat musim penghujan akan melihat liran air yang mengalir cukuplah deras sedangan ketika berkunjung pada saat musim kemarau maka akan melihat aliran air yang mengalir sedikit.

2. Sungai Kayan
Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Sungai Kayan, (Doc: flickr)
Tempat wisata yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke tanjung selor ialah datang ke Sungai Kayan. Sungai Kayan ini sangat tepat anda jadikan sebagai tempat liburan dan berwisata bersama keluarga. Wisatawan dapat melakukan beberapa hal yang menarik di Sungai Kayan seperti bersantai melihat arus sungai, berendam di sungai kayan, bermain arum jeram, dan masih banyak hal lainnya. Terdapat fasilitas ayng cukup baik di sungai kayan bagi pengunjung antara lain; kamar mandi, penjual makanan, penjual minuman, penginapan, serta spot arum jeram yang menantang.

3. Air Terjun Dambaan KM 18
Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Air Terjun Dambaan KM 18, (Doc: normakaltara)
Tempat wisata yang menarik untuk kunjungi di kabupaten bulungan selanjutnya ialah objek wisata Air Terjun Dambaan KM 18. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Dambaan KM 18 akan menikmati suasana alam yang masih alami dan asri. Keindahan Air Terjun Dambaan KM 18 semakin memukau pengunjung dengan keberadaan tebing bertingkat berbatu di air terjun yang membuat air terjun dambaan km 18 terlihat semaki indah dan mengagumkan. Suasana di lokasi Air Terjun Dambaan KM 18 ini begitu asri dan sejuk dengan keberadaan pepohonan hijau yang tinggi.

4. Selimau Park
Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Selimau Park, (Doc: budisusilo85)

Wisatawan yang datang ke Kalimantara Utara dapat berkunjung ke Objek wisata bernama Selimau Park. Tempat wisata Selimau Park memiliki menyediakan berbagai fasilitas yang sangat menarik antara lain; sepeda bebek air, kolam renang untuk anak-anak, komedi putar, pelosotan, serta beberapa wahana lain yang menarik. Selimau Park merupakan tempat yang tepat bagi pengunjung yang berlibur bersama anak-anak, hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa tempat bermain untuk anak-anak disini. Tidak hanya tempat bermain untuk anak-anak, Selimau Park juga memiliki wisata alam yakni tanaman mangrove.

5.
Air Terjun Long Pin
Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Air Terjun Long Pin, (Doc: pesonaalambulungan)

Wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan utara wajib yang berkunjung ke kabupaten bulungan dikarenakan potensi wisata alam yang dimilikinya.
Wisatawan dapat berwisata ke objek Air Terjun Long Pin yang menawarkan suasana pemandangan alam yang sejuk dan damai. Pada bagian hilir air terjun Long Pin terdapat danau kecil, selain itu di sekitaran lokasi Air Terjun Long Pin ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang rimbun. Air Terjun yang mengalir serta aneka pepohonan hijau membuat tempat wisata Air Terjun Long Pin ini memiliki suasana sejuk dan asri.

 
6. Air Terjun Idaman
Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Wisata Air Terjun Idaman, (Doc: koper traveler)
Wisatawan untuk mencapai air terjun idaman membutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit dari kota tanjung selor, maka anda sudah dapat sampai ke lokasi Air Terjun Idaman ini. Keindahan air terjun idaman menawarkan pesona yang indah seperti objek wisata air terjun di tanjung selor lainnya. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Air Terjun Idaman akan merasakan suasana yang masih alami dan asri dengan pemandangan air terjun yang memukau. Pengunjung air terjun idaman dapat bermain air di bawah air terjun dikarenakan terdapat telaga kecil yang dapat digunakan untuk mandi oleh pengunjung yang datang.

7. Gunung Rian
Tempat Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi
Wisata Gunung Rian, (Doc: origoinsersio)

Gunung Rian ini terletak di kecamatan sesayap, kabupaten lubungan, provinsi kalimantan utara. Tempat wisata yang terdapat di Gunung Rian ialah air terjun, kelebihan air terjun di sini memiliki ketinggian hingga 90 meter. Air terjunnya juga memiliki beberapa tingkatan.Setelah berkunjung ke air terjun, selanjutnya anda bisa melanjutnya perjalanan ke tempat wisata lain dikarenakan bukan hanya objek air terjun yang ada di gunung rian. Wisatawan dapat menikmati pemandangan perbukitan, pemandangan hutan serta naik ke puncak dengan cara mendaki berjalan kaki. Saat mendaki pastikan anda juga sudah di pandu dengan seseorang yang sudah terbiasa mendaki gunung rian. Wisatawan ketika berada di puncak akan merasa puas dengan pemandangan yang luar biasa dari atas puncak Gunung Rian.

8. Sumber Air Panas Sajau

Bagi wisatawan yang ingin berendam di sumber air panas dapat berkunjung ke tanjung selor dikarenakan di daerah ini memiliki potensi wisata berupa objek wisata air panas. Objek wisata air panas tersebut bernama Sumber Air Panas Sajau dengan Sumber Air Panas yang masih alami dengan suasana sejuk. Sumber Air Panas Sajau memiliki pemandian air panas yang didasarkan pada level panasnya sehingga pengunjung dapat menentukan dimana akan berendam sesuai dengan kekuatan daya tubuh pengunjung yang akan berendam. Sumber Air Panas Sajau memiliki kandungan air panas yang dapat digunakan untuk merebus berbagai makanan seperti telur, dan lainnya.

9.
Gunung Putih

Penamaan Gunung Putih didasarkan pada warna yang putih yang berasal dari kandungan kapur pada gunung tersebut. Bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung putih untuk mencapai puncak gunung akan melewati anak tangga cukup banyak. Perjalanan menuju puncak yang melelahkan untuk mencapai bagian atas puncak gunung putih akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang begitu memukau mata.

10. Sungai Giram

Sungai Giram yang berada di kecamatan peso sangat cocok untuk kamu yang hobi bermain arung jeram, hal ini dikarenakan objek wisata Sungai Giram
memiliki aliran sungai yang dapat digunakan untuk berwisata arung jeram sehingga dapat menjadi olahraga yang menyenangkan bagi pengunjung yang datang ke sungai giram. 


Diatas merupakan tempat wisata di tanjung selor, kabupaten bulungan, kalimantan utara yang dapat menjadi referensi ketika berkunjung dan berwisata di kalimantan utara. Tempat wisata di Kalimantan Utara yang indah akan membuat wisatawan merasa nyaman dan betah ketika berada di Kalimantan serta melihat kebudayaan dan menikmati kuliner khas kalimantan utara. 

Baca Juga: Tempat Wisata di Kalimantan Barat Yang Menarik Dikunjungi   



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel