-->

Cara Belajar Sejarah yang Menarik dan Menyenangkan

Cara Belajar Sejarah yang Menarik dan Menyenangkan


Belajar Sejarah, sebuah kata bagi sebagian dari kita merupakan suatu hal yang membosankan. Sejarah identik dengan mempelajari masa lalu dan menghafal tahun akan sebuah peristiwa tersebut berlangsung. Mungkin dari kita ingin bagaimana sih belajar sejarah yang menarik dan membuat diri sendiri merasa senang ketika belajar sejarah, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuat belajar sejarah menjadi hal yang menyenangkan. 
Cara Belajar Sejarah yang Menarik dan Menyenangkan


Sejarah menjadi hal yang menarik dan menyenangkan ketika kita memahami bagaimana peristiwa sejarah tersebut berlangsung melalui saksi sejarah maupun sumber sejarah secara tertulis maupun tidak tertulis yang dituturkan dan diceritakan oleh saksi sejarah. Kebenaran sejarah menjadi hal yang menarik untuk diketahui karena siapapun yang mengetahui hal tersebut akan memahami tentang mengapa peristiwa tersebut berlangsung ataupun apa fungsi dari bangunan bersejarah dibangun.  

Dibawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat belajar sejarah menjadi hal yang menyenangkan; 


1. Kunjungi Tempat Peristiwa Dalam Sejarah

Berkunjung ke tempat merupakan tindakan yang dapat kita lakukan untuk belajar sejarah, ketika berada di tempat peristiwa bersejarah dan peninggalan bersejarah maka kita dapat melihat dan mengetahui tempat bersejarah tersebut serta belajar tentang tempat bersejarah. 

2. Bertemu Para Tokoh dan Saksi Sejarah 

Bertemu tokoh dan saksi sejarah menjadi hal selanjutnya yang dapat dilakukan kita untuk belajar sejarah, ketika bertemu tokoh dan saksi untuk menjadi narasumber sejarah kita dapat bertanya tentang peristiwa bersejarah berlangsung. 

3.  Berkumpul Dengan Komunitas Sejarah 

Kita dapat berkumpul dengan komunitas sejarah ataupun orang yang mengerti dan melakukan penelitian sejarah, ketika belajar di komunitas sejarah maka kita dapat bertukar pikiran dan berdiskusi tentang peristiwa sejarah yang terjadi. 

4. Melihat Film Sejarah 

Film merupakan salah satu sarana untuk belajar sejarah sehingga dengan melihat peristiwa sejarah yang dikemas dalam sebuah film maka dapat dilihat oleh berbagai orang dan generasi. 

5. Berkunjung Ke Museum 

Museum menjadi tempat yang menarik dikunjungi untuk belajar sejarah ketika dilakukan bersama teman serta didampingi oleh ahli sejarah yang memaparkan tentang peninggalan bersejarah yang disimpan dalam museum.  

Diatas merupakan hal yang dapat dilakukan untuk membuat belajar sejarah menjadi hal yang menarik dan menyenangkan sehingga ketika belajar bukan lagi menjadi hal yang membosankan. 

Baca Juga: 8 Wisata Sejarah di Yogyakarta Yang Bisa Kunjungi   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel