-->

Wisata Sejarah di Magetan

Berwisata Ke Danau Sarangan Magetan ? Tak Ada Salahnya mengunjungi Tempat Wisata Sejarah yang ada di Magetan 


Magetan sebuah daerah di Jawa Timur yang terkenal memiliki keindahan alam mempesona. Magetan berada di kaki gunung Lawu yang menjadi salah satu gunung yang menjadi tujuan bagi pendaki dan pecinta alam untuk datang dan menikmati keindahan gunung lawu. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Magetan dapat menggunakan kendaraan umum seperti; Bis maupun kendaraan pribadi seperti; Mobil dan Motor untuk mengunjungi tempat wisata di Magetan. 

Keberadaan Danau Sarangan menjadi Ikon Wisata di Magetan serta menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur, Danau Sarangan menjadi destinasi wisata yang selalu ramai ketika liburan maupun libur akhir pekan. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Sarangan juga dapat menikmati suasana Danau Sarangan yang nyaman serta kesejukan udara pegunungan dikarenakan Danau Sarangan berada di lereng Gunung Lawu. 

Berkunjung Ke Magetan, kita tidak hanya dapat menikmati wisata alam namun juga dapat melihat aktivitas kebudayaan serta wisata sejarah yang ada di Magetan seperti; Monumen maupun Candi. Keberadaan Wisata Sejarah dan Budaya di Magetan dapat menambah wawasan bagi kita ketika berkunjung ke Magetan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan wisata sejarah di Magetan, kita dapat mengenal dan belajar tentang Sejarah Magetan. 


Dibawah ini merupakan beberapa tempat bersejarah di Magetan yang dapat kita kunjungi untuk berwisata sekaligus belajar sejarah tentang Magetan; 


1. Candi Simbatan 
Tempat Wisata Sejarah di Magetan
Wisata Magetan, Candi Simbatan/Pemandian Dewi Sri (Doc: FB My Trip Indonesia)

Lokasi Candi Simbatan terletak di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan

Candi Simbatan merupakan bangunan peninggalan bersejarah yang ada di Magetan. Candi Simbatan yang lebih dikenal dengan Pemandian Dewi Sri. Penamaan Pemandian Dewi Sri dikarenakan pada bagian dasar kolam candi terdapat Arca yang disebut dengan Arca Dewi Sri.

Pada bagian dada patung Dewi mengeluarkan sumber mata air yang jernih. Sumber Air yang keluar dan berada di Candi Simbatan menurut cerita dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit, Wisatawan yang berkunjung ke Candi Simbatan dapat melihat Bangunan bersejarah selain melihat keindahan ornamen yang ada di Candi Simbatan. 

Selain itu setiap tahun sekali pada Bulan Muharram menurut penanggalan Hijriah akan diadakan upacara adat di Candi Simbatan sehingga selain melihat Candi Simbatan, wisatawan juga dapat melihat tradisi kebudayaan. 

2. Candi Sadon
Tempat Wisata Sejarah di Magetan
Wisata Magetan, Candi Sadon/Candi Reog (Doc: FB Indonesia Itu Asik)

Lokasi Candi Sadon terletak di Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan

Magetan juga memiliki peninggalan bersejarah dari masa lalu yang bernama Candi Sadon. Penamaan Candi Sadon berasal dari tempat Candi ini ditemukan yaitu Dusun Sadon. Keberadaan Candi Sadon menjadikan Magetan menjadi tempat yang menarik dikunjungi dikarenakan keberadaan Candi Sadon menjadi
pelengkap dari Wisata Alam yang mempesona di Magetan sehingga selain berkunjung ke Wisata Alam, wisatawan juga dapat belajar tentang peninggalan bersejarah yang ada di Magetan. 

Wisatawan yang berkunjung ke Candi Sadon akan melihat beberapa peninggalan bersejarah diantaranya; Arca Kala berbentuk Kepala Harimau yang sering kita lihat di Kesenian Reog. Keberadaan Arca Kala yang berbentuk kepada Harimau pada Reog membuat Candi Sadon sering dsebut sebagai Candi Reog. Berfoto dengan latar belakang Candi Sadon menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan dikarenakan keberadaan Candi sadon yang memiliki nilai sejarah dan menjadi salah satu destinasi wisata di Magetan . 

3. Monumen Soco
Tempat Wisata Sejarah di Magetan
Wisata Magetan, Monumen Soco (Doc: Saka Wira Rebil)

Lokasi Monumen Soco terletak di Desa Soco, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan

Keberadaan sebuah monumen sebuah wilayah menjadi tanda untuk mengabadikan dan mengingat sebuah peristiwa yang terjadi sehingga dapat menjadi sebuah ingatan yang terus diingat oleh manusia saat itu maupun
generasi selanjutnya ketika diceritakan. Monumen Soco merupakan bangunan yang dibangun untuk mengingat peristiwa berdarah tentang partai terlarang di Magetan. 

Monumen ini berbentuk gerbong Kereta Api yang disebut Kertopati, Gerbong tersebut digunakan untuk mengangkut para korban peristiwa berdarah partai terlarang. Ketika berada di Monumen Soco, kita dapat melihat dan belajar sejarah tentang sebuah peristiwa tentang politik dan kemanusiaan sehingga dapat menjadi memahami sejarah perjalanan bangsa Indonesia khususnya peristiwa masa lalu yang ada di Magetan. 

4. Makam G.B.R.Ay. Maduretno
Tempat Wisata Sejarah di Magetan
Wisata Magetan, Makam G.B.R.Ay. Madureno dan Ronggo Prawirodirdjo III (Doc: FB Aryo Kartono)

Lokasi Makam G.B.R.Ay. Maduretno terletak di Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan

Berkunjung dan berwisata ke Magetan akan terasa kurang lengkap ketika kita tidak belajar tentang tokoh pahlawan yang ada di Magetan. Hal itu yang membuat berkunjung dan berziarah ke Makam G.B.R.Ay. Maduretno dan K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III dapat kita lakukan. Siapakah K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III dan G.B.R.Ay. Maduretno ? sebuah pertanyaan yang juga penulis tanyakan dan akhirnya mengetahui jawabannya. 

K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III merupakan Adipati Maospati Madiun ke III, sedangkan G.B.R.Ay. Maduretno adalah Putri Hamengku Buwono II yang merupakan permaisuri K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III. K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III dihukum mati sebagai pemberontak melawan penjajahan Belanda dan dimakamkan di makam pemberontak Banyu Sumurup tahun 1810. 

Pada tahun 1957, K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III ditetapkan sebagai pejuang perintis perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan dimakamkan kembali di Gunung Bancak Desa Giripurno yang merupakan makam G.B.R.Ay. Maduretno. Pada pesarean ini terdapat dua makam utama yaitu;makam G.B.R.Ay. Maduretno dan K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III. Berkunjung ke Makam K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III dan G.B.R.Ay. Maduretno menjadi kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengenang perjuangan para tokoh masa lalu sekaligus belajar dan berwisata sejarah di Magetan.

Diatas merupakan tempat wisata sejarah di Magetan yang menarik untuk dikunjungi. Wisata Magetan menjadi referensi yang menarik ketika berkunjung ke Jawa Timur sehingga mencari informasi tempat wisata di Magetan dari media sosial maupun kawan yang pernah berkunjung ke Magetan dapat dilakukan. 

Baca Juga : 5 Wisata Sejarah di Karanganyar yang Menarik Dikunjungi 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel