-->

Cara Membuat KTP di Kota Blitar

Cara Membuat KTP di Kota Blitar

Kartu Tanda Penduduk merupakan Kartu Identitas Bagi Setiap Warga Negara Indonesia. Penulis pada 13 Agustus 2018 menemani seorang teman membuat KTP di Kota Blitar. Penulis menemani teman tersebut meminta surat pengantar dari RT dan tanda tangan ketua RT untuk membuat KTP dan dilanjutkan Ke RW untuk meminta tanda tangan ketua RW. 

Setelah surat pengantar dari RT dan RW diperoleh maka dilanjutkan dengan datang ke Kelurahan. Teman penulis di Kelurahan membawa berkas Surat Pengantar dan Kartu Keluarga ditambah pas foto ukuran 3x4. Setelah mengisi data form yang telah disediakan kelurahan maka teman penulis diminta menunggu beberapa saat. 

Menunggu tidak terlalu lama teman penulis memperoleh surat pengantar dan blangko yang harus dibawa di Kecamatan. Penulis dan teman penulis bergegas ke Kecamatan untuk meminta tanda tangan surat pengantar. Sesampai di kecamatan penulis dan teman penulis menuju bagian pelayanan ktp dan menunjukkan surat pengantar dari kelurahan. 

Di Kecamatan teman penulis menyerahkan surat pengantar dan diminta mengisi data diri di buku tentang tujuan di kecamatan. Kami tidak menunggu terlalu lama dan memperoleh surat pengantar beserta tanda tangan kecamatan serta form yang ditujukan kantor dinas penduduk dan pencatatan sipil Kota Blitar (Dispendukcapil)  untuk membuat KTP. 

Kami setelah dari kecamatan bergegas menuju ke kantor Dispendukcapil, sesampainya di Dispendukcapil kami mengambil nomor antrian pelayanan KTP. Sambil menunggu kami duduk di kursi yang disediakan, banyak masyarakat yang juga mengurus surat di Dispendukcapil. 
Cara Membuat KTP di Kota Blitar
E-KTP Tampak Belakang, KTP Elektronik, (infoblitar)

Setelah duduk tidak begitu lama sambil minum, nomor antrian teman penulis dipanggil.  Teman penulis bergegas maju ke loket pelayanan dan membawa berkas dari kecamatan. Setelah ditanya dan berkas diminta teman penulis diminta menunggu namanya dipanggil.  Sambil menunggu teman penulis kembali duduk di kursi.

Tidak begitu lama setelah mengumpulkan berkas, nama teman penulis dipanggil kembali di loket antrian. Teman penulis diminta ke bagian pemotretan dan sidik jari untuk proses perekaman data diri. Setelah perekaman selesai teman penulis diminta kembali 1 minggu kemudian untuk mengambil KTP Elektronik di Dispendukcapil Kota Blitar. 

Demikianlah Proses Cara Pembuatan KTP yang dilakukan oleh teman penulis bersama penulis. 

Catatan: 

Bawalah Pas Foto Ukuran 3X4
Bawalah Bolpoint Hitam 
Bawalah Uang Pecahan Kecil Untuk Parkir dan Beli Map Kertas
Bawalah Air Minum

Baca Juga: Cara Mendaftar Menjadi Peserta JKN-KIS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel