-->

Cara Mudah Membersihkan Helm Kesayangan

Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Helm Kesayangan 

Helm merupakan benda yang sangat penting bagi keselamatan pengendara saat ini. Helm menjadi hal wajib yang harus dipakai ketika mengemudikan motor ataupun digonceng. 

Kebersihan alangkah baiknya dijaga dikarenakan akan membuat rambut dan kulit kepala kita aman dari penyakit ataupun kotoran yang berada di helm kesayangan. 

1. Membersihkan Bagian Luar Helm dengan Kain Lap atau Kanebo

Langkah yang dilakukan yaitu dengan membersihkan bagian luar helm dengan menggunakan kain lap halus atau kanebo yang basah. Kain lap basah yang halus digunakan agar tidak menimbulkan goresan-goresan pada permukaan helm. Dapat juga menggunakan kanebo, sebelum menggunakan kanebo terlebih dahulu membasahi kanebo dengan air kemudian baru digunakan untuk mengelap permukaan helm.

2. Membersihkan Kaca dan Busa helm 

Cara membersihkannya adalah dengan melepas visor kaca helm agar mudah dibersihkan. Kita harus memastikan helm memiliki fitur removable padding atau istilahnya busa dapat dilepas. Setelah itu lepas seluruh bagian busa tersebut hingga helm menjadi batok dengan gabus keras saja. oya, kalau busa helm tidak bisa dilepas, jangan dipaksa ya. 

3. Rendam Busa di Dalam Air Sabun

Rendam busa di dalam air deterjen pencuci selama 30 menit. Setelah direndam, sikat busa dengan menggunakan sikat berukuran kecil sampai bersih. Setelah dicuci menggunakan deterjen, busa dibilas menggunakan air bersih sambil diremas-remas hingga tidak ada buih lagi yang keluar. 

Sebaiknya lakukan pembilasan agar tidak ada lagi sisa-sisa sabun deterjen. Lebih baik gunakan pewangi pakaian ketika membilas busa agar baunya lebih harum. Jika tidak ada pewangi anda bisa menggunakan shampo rambut untuk membuat bantalan helm menjadi lebih wangi. 

Caranya adalah dengan merendam bantalan helm di dalam air yang dicampur pewangi kemudian diperas sampai semua airnya keluar.
Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Helm Kesayangan
Helm, Cara Mudah Membersihkan Helm, (FO)

5. Proses Pengeringan

Pengeringan helm yang dicuci dapat dilakukan dengan dua cara: 

Cara pertama menggunakan hair dryer yang biasa untuk mengeringkan rambut dengan mengatur tombol pada pilihan low agar lapisan/bantalan yang terbuat dari sterofoam tidak meleleh dikarenakan terkena panasnya.

Cara kedua dengan menjemurnya dibawah sinar matahari secara langsung namun anda harus melihat kondisi cuaca sehingga ketika helm dijemur aman ketika tiba-tiba turun hujan. 

Kedua cara diatas dapat dipilih salah satu sesuai dengan keinginan. 

6. Membersihkan Sela-sela dan Lubang Angin Pada Helm

Kita Sambil menunggu bantalan helm kering dapat juga membersihkan sela-sela dan lubang angin helm dengan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas. Membersihkan secara perlahan bagian-bagian tersebut agar kotoran yang menempel bisa keluar dan tidak menggores permukaan helm.

Bagian yang paling penting adalah lubang angin pada helm, karena jika bagian ini kotor maka sirkulasi udara di dalam helm menjadi terganggu.

7. Memasang Kembali Bagian-bagian Helm yang Telah Dilepas

Langkah terakhir yaitu memasang kembali semua bagian helm secara tepat. Diperlukan kehati-hatian sehingga tidak ada bagian helm yang patah.

Terakhir, Helm siap dipakai dan digunakan untuk berkendara. 

Setelah semua bagian helm selesai dibersihkan, langkah terakhir adalah merakit kembali bagian-bagian helm. Pastikan tidak ada bagian yang hilang, karena biasanya baut mudah hilang jika tidak disimpan dengan baik dan aman. Pasang kembali setiap bagian-bagian tersebut secara urut karena biasanya akan susah dipasang jika urutannya salah.

Selesai, sekarang helm telah bersih, mengkilap, dan harum seperti baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel