-->

Menjadi Mahasiswa Baru (Langkah Awal)

Menjadi Mahasiswa Baru

Langkah Awal Mahasiswa Baru


Apa sih yang perlu dilakukan saat menjadi Mahasiswa, disini penulis memberi  hal yang dapat dilakukan ketika mengawal diri menjadi Mahasiswa Baru. Mahasiswa baru itu pengalaman yang luar biasa karena pengalaman berbeda di tempat baru, diterima di universitas yang baru dan suasana baru serta bertemu dengan para senior kampus seperti aktivitis mahasiswa dari Organisasi Mahasiswa BEM atau Unit Kegiatan Kampus semacam organisasi minat gitu lah. Keren banget sih menjadi mahasiswa baru itu sih, kita seakan masuk ke dunia lain karena suasana yang beda dari dunia sekolah. 

Kita sebagai mahasiswa baru akan dikenalkan dengan aktivitas kampus seperti perkuliahan, dosen yang mengajar, organisasi kampus, dan struktur birokrasi kampus. Dunia kampus membuat kita sebagai mahasiswa memiliki beban yang lebih karena lingkungan dan budaya yang beragam, adaptasi menjadi hal pertama yang dilakukan sehingga tidak canggung ataupun grogi ketika mengalami hal baru, seperti teman, bahasa, cara bersikap teman ataupun dosen. Mempelajari suasana kampus dari tempat-tempat yang baik dikunjungi seperti tempat ibadah, perpustakaan, secretariat organisasi sangat diperlukan oleh mahasiswa baru karena ditempat itulah akan banyak sumber inspirasi bagi mahasiswa.
Pendidikan
Sumber Gambar : (news.okezone)
Mahasiswa baru belajar tentang kondisi perkuliahan dan belajar tentang mengatur waktu yang baik, seperti waktu berangkat ke kampus, jadwal kuliah, tipe dosen dan tempat untuk mendapatkan referensi mata kuliah. Mahasiswa baru akan memilih organisasi yang baik bagi kehidupannya dikarenakan organisasi menjadi wadah bagi mahasiswa baru untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dan beriteraksi social yang sangat diperlukan di dunia kerja. Mahasiswa baru sebagai orang yang awam tentang kampus harus aktif dan berkomunikasi dengan kakak angkatan sehingga dapat berinteraksi tentang mata kuliah dan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman, aktif dengan kakak kelas yang memahami tentang mata kuliah dan organisasi.

 Pemahaman tentang kuliah yang baik dapat menjadi landasan bagi mahasiswa baru untuk mengenal dunia kampus dan selektif dalam menjalani kehidupan kampus sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan yang merugikan sehingga dapat menekan mahasiswa untuk tidak berhenti di tengah jalan (drop out) yang diakibatkan oleh mahasiswa yang tidak hadir dikarenakan tidak mengikuti perkuliahan ataupun mahasiswa yang tidak berorientasi untuk menyelesaikan kuliah dikarenakan kurang paham tentang materi kuliah dan kehidupan kampus. (cpe/aka)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel