-->

Kegiatan Perlombaan di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia


Kemerdekaan Indonesia

Lomba Saat Hari Kemerdekaan


Bulan Agustus merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, dikarenakan pada bulan ini Negara Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, sehingga setiap tahun bulan agustus akan selalu diperingati oleh segenap rakyat Indonesia, berbagai macam kegiatan dilaksanan seperti memasang umbul-umbul bendera merah putih dan perlombaan di setiap perkotaan dan pedesaan yang memiliki perkampungan. 
Permainan Tradisional
Sumber Gambar: Permainan-Tradisional.com
Dibawah ini beberapa kegiatan perlombaan yang sering dijumpai dan dilakukan penulis dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia  :
  1. Lomba Panjat Pinang: Lomba panjat merupakan perlombaan yang mengharuskan peserta lomba mencapai puncak batang pinang yang terdapat berbagai hadiah yang setiap tim terdiri dari beberapa Individu yang harus bekerja sama dikarenakan batang pinang diolesi pelicin sehingga sangat sulit untuk memanjatnya tanpa kerja sama yang baik.
  2. Lomba Balap Karung: Lomba Balap Karung merupakan perlombaan yang setiap individunya diwajibkan masuk didalam karung (beras/tepung) hingga sebagaian tubuhnya tertutup karung dan diharuskan berlari. Suatu hal yang sulit dikarenakan kaki berada didalam karung.
  3. Lomba Gepuk Guling: Lomba Gepuk Guling merupakan perlombaan dimana peserta saling memukul menggunakan guling (kapal dalam kain), dimana peserta duduk diatas batang pohon hingga salah satu peserta harus jatuh ke bawah, dibawah batang pohon biasanya terdapat kubangan air ataupun pasir sehingga peserta yang jatuh diharapkan tidak mengalami luka yang serius.
  4. Lomba Memancing Ikan: Lomba memancing ikan di bulan agustus sering dilakukan secara bersama-sama warga dengan cara menentukan pemenang lomba bagi siapapun warga yang dapat memancing ikan terberat ataupun ikan yang terdapat pita merah putih, hal ini menjadi suatu keseruan dalam warga dikarenakan diperlukan kesabaran. 
  5. Lomba menangkap Belut: Lomba menangkap belut merupakan perlombaan dimana para peserta harus menangkap belut dengan cepat dan banyak sesuai durasi waktu yang diberikan untuk memindahkan belut dari satu tempat ke tempat lain, tubuh belut yang licin menjadi kesulitan tersendiri dari peserta.
  6. Lomba Menangkap Lele: Lomba menangkap lele merupakan perlombaan dimana peserta menangkap ikan dan memindahkan dari satu tempat ke tempat lain, memindahkan ikan lele memerlukan kehati-hatian dikarenakan ikan lele memiliki senjata (patil) yang menyakitkan.
  7. Lomba Memakan Kerupuk: Lomba memakan krupuk merupakan perlombaan dimana peserta bersaing menghabiskan krupuk yang digantung menggunakan benang sehingga menyulitkan peserta untuk menghabiskan krupuk.
  8. Lomba Memasak: Lomba memasak menjadi perlombaan yang menarik dan paling enak dikarenakan peserta memasak dan memakan hasil olahan para peserta, lomba memasak ini biasanya diikuti oleh para ibu-ibu yang saling bersaing. 
  9. Lomba Karaoke/Menyanyi: Lomba menyanyi merupakan perlombaan dimana para peserta bersaing untuk menunjukkan suaranya, biasanya perlombaan ini menyanyikan lagu kebangsaan dan dinilai oleh para juri.
  10.  Lomba Sepak Bola antar Desa/Kampung: Lomba sepak bola ini menjadi perlombaan yang memperebutkan piala, dimana para tim kesebelasan berusaha untuk saling memenangkan pertandingan yang membawa nama desa ataupun tim kesebelasan.
  11. Lomba Sepak Bola memakai Karung: Lomba Sepak Bola memakai karung menjadi perlombaan yang cukup sulit dimana pemain menggunakan karung dalam mengikuti pertandingan, kesulitan dimana pemain untuk menendang bola dan mencetak gol ke gawang lawan.
  12. Lomba Sepak Bola memakai Daster: Lomba sepak bola memkai daster merupakan perlombaan yang sulit dimana pemain menggunakan daster yang biasanya dikenakan oleh kaum wanita, kelucuan sering dilihat dalam pertandingan sepak bola ketika pemainnya mengenakan daster.
  13. Lomba Kelereng dalam Sendok: Lomba Kelereng yang diletakkan di dalam sendok menjadi perlombaan yang sulit dan memerlukan kecepatan dan kehati-hatian dikarenakan peserta membawa sendok dalam mulut yang ada kelereng di ujung sendok.
  14. Lomba Lari: Lomba Lari merupakan lomba berlari yang memerlukan stamina dan kecepatan bagi para peserta untuk berlari dan bersaing dengan peserta lain.
  15.  Jalan Sehat Berhadiah dan Baris berbaris: Jalan Sehat merupakan perlombaan ataupun kegiatan dimana masyarakat  berjalan bersama-sama dari garis start hingga akhir dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah ketika kupon yang diperoleh diundi dan nomer yang dimiliki menjadi nomer yang mendapat hadiah ketika diundi.  Baris Berbaris juga menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan untuk memperingati hari kemerdekaan dimana peserta akan bergerak dari start sampai finish dan memakai baju yang seragam dan akan dinilai berdasar kekompakan dalam bergerak. (cpe/aka)



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel