-->

Panduan Blog Untuk Pemula, Ngeblog Itu Tidak Mudah

Niat Awal Dapat Uang dan Tanpa Memahami SEO dan Artikel Yang Baik, Bertahun-Tahun Tidak Gajian Dari Blog 


Tidak ada sesuatu yang dan instan ketika ingin memperoleh sesuatu, belajar tanpa guru adalah suatu kebodohan. Kata-kata itu yang penulis alami selama beberapa tahun ini ketika memulai ngeblog ketika lulus kuliah, dalam bahasa jawa dapat dikatakan penulis merupakan orang yang ngengkel dan tidak manut kata orang tua untuk mencari pekerjaan yang pasti dan terus berharap dari ngeblog tanpa tahu bahwa ngeblog itu ada caranya dan tips nya. 

Dalam ngeblog itu tidak semua artikel yang kita tulis itu akan muncul dihalaman pertama google dan mendapat pengunjung banyak, hal itu dikarenakan terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan untuk membuat blog kita akan dikunjungi dan artikel kita akan dibaca. Mengakui sebuah kesalahan adalah hal yang penulis sulit lakukan beberapa tahun ini sebelum penulis akhirnya memahami bahwa ngeblog dengan panduan benar dan tema yang baik akan meningkatkan pengunjung blog. 

Panduan Blog Untuk Pemula, Ngeblog Itu Tidak Mudah

Blog ilmumenara merupakan blog yang penulis buat pada tahun 2016, dua tahun setelah penulis lulus kuliah dikarenakan penulis terinspirasi dari teman penulis yang memperoleh penghasilan dari blog. Penulis yang tidak memiliki fasilitas laptop dan internet pada waktu itu setiap pagi harus ke warnet untuk menulis artikel, bisa dibaca pada blog ini penulis tentang kehidupan kampus dan berita hasil skor sepakbola dengan semangat menggebu tanpa mengetahui bahwa artikel yang penulis itu akan kalah saingan dengan website sepakbola ternama, dan tetap yakin menulis hingga 2 tahun lebih ternyata tidak meningkat, pernah ditertawakan teman penulis karena hanya mendapat 8 rupiah dalam satu hari, meskipun sekarang pun peningkatannya juga belum maksimal cuma tertinggi 6 ribuan sehari saat ini namun penulis bersyukur ada peningkatan. 

Penulis sering mengikuti grup facebook tentang blog dan belajar disitu dalam diam dikarenakan penulis tidak percaya diri dengan blog penulis yang masih blogspot dikarenakan penulis bernazar akan membeli domain setelah blog penulis memperoleh gajian pertama dari blog penulis. Penulis saat ini baru memasang internet RTRW dan membayar bulanan dari hasil warung kecil di rumah sambil menulis di blog, memasang internet dirumah membuat penulis dapat update setiap hari artikel di blog penulis, penulis beberapa tahun lalu sempat mengikuti group blog namun dikeluarkan karena tidak aktif dan tidak berkontribusi dalam diskusi, padahal penulis sendiri masih belajar dan ingin tahu dan menjadi pengalaman penulis bahwa penulis harus bisa tanpa harus menyusahkan orang lain. 

Pada tahun 2018 penulis yang sempat drop setelah gagal lolos ketika mengikuti CPNS 2018 memiliki semangat untuk memperoleh penghasilan dari blog ketika ada seorang blogger yang baik hati yang membagikan kisahnya pada laman grup blogger bernama Mastimon. Sebelum mengetahui Mastimon yang berbagi sendiri kisah suksesnya di Group Blog Facebook, penulis mengetahui ulasan tentang Mastimon dari Mastrigus yang membagikannya di grup Facebook. Kisahnya yang dimulai dari nol ketika membuat blog membuat saya memberanikan diri untuk mengajukan pertemanan di Facebooknya, ulasan tentang blog mastimon saya ikuti dan pelajari secara diam dikarenakan saya jarang berkomentar di Facebook dan lebih mengikuti dan membaca blog serta melihat tutorial video youtube Mastimon yang menginspirasi saya dalam menulis blog. 

Saya mengikuti panduan pada template di blog serta kode html yang menurut saya baik dari Mastimon dan memadukan dengan penataan sesuai dengan pikiran saya sehingga saya dapat belajar apa yang kurang dan apa yang lebih. Blog saya dapat dikatakan merupakan blog gado-gado dikarenakan banyak tulisan yang ada seperti; sepakbola, desain rumah, universitas, wisata, kuliner hingga terdapat ribuan tulisan namun hanya sedikit yang sesuai seo hingga penghasilan perharian maksimal 6 ribuan  ataupun lebih sedikit perhari, namun hal itu tidak menyurutkan penulis untuk menulis karena terdapat kemajuan dibanding dengan 8 rupiah pada 2 tahun lalu. 

Dalam hal ini penulis berharap bagi blogger baru yang akan memulai menulis, fokus pada sebuah tema di blog sangat penting serta seo dikarenakan ketika hanya menulis saja maka akan sulit untuk berada di halaman depan google. Tema tulisan yang menari seperti; wisata, desain rumah, kecantikan, kecantikan  merupakan tulisan yang banyak dicari oleh pembaca sehingga menulis artikel tentang tema itu akan menjadi nilai tambah bagi penulis blog yang akan terjun ke dunia blogging. 







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel