-->

Kebudayaan Manusia: Pemikiran dan Tindakan

Makna Kebudayaan


Manusia yang memiliki akal melahirkan suatu pemikiran dan tindakan dalam kehidupan yang menghasilkan kebudayaan dalam hidup, kebudayaan menjadi hasil karya manusia di dunia.
Kebudayaan
Sumber Gambar : (freedigital)

Menurut Koentjraningrat Kebudayaan mempunyai tiga kategori yaitu:

  • Berupa wadah bagi suatu kompleks ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan. Hal-hal ini berada dalam pikiran warga masyarakat, atau dalam tingkat perkembangan tertentu sudah berupa tulisan-tulisan, karangan-karangan warga masyarakat yang bersangkutan.

  • Kebudayaan sebagai suatu kompleks aktifitas manusia yang berpola, menciptakan suatu sistem sosial bagi masyarakat yang bersangkutan.

  • Berupa wadah untuk menghasilkan benda-benda pakai dan karya seni, berbentuk nyata sebagai objek riil, seperti bangunan rumah, lukisan, patung, kerajinan, benda pakai, senjata. (Koentjaraningrat, 1974: 2011).
Hal ini yang membuat kebudayaan akan terus bertahan dalam kehidupan manusia dari dahulu sampai dengan esok ketika manusia dalam masyarakat terus menjaga kebudayaan dan menjadi sebuah peradaban manusia yang merupakan puncak dari kebudayaan yang ada. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel